Kabut Asap Pekat Selimuti Bandara Syamsuddin Noor, Penerbangan Pagi Mengalami Keterlambatan

Kabut Asap Pekat Selimuti Bandara Syamsuddin Noor, Penerbangan Pagi Mengalami Keterlambatan

September 12, 2019

KABUT ASAP : Tercatat di sekitar Bandara Syamsuddin Noor pagi tadi jarak pandang pada pukul 7:15 WITA hanya 100 meter


Banjarbaruklik - Kabut asap pekat sekitar kawasan Bandara Syamsudin Noor mengakibatkan semua jadwal penerbangan pagi alami keterlambatan alias delay. Pasalnya jarak pandang cuma 100 meter, Kamis (12/9).

Informasi didapat, Akibat Kabut asap ini semua penerbangan di Bandara Syamsudin Noor mengalami keterlambatan, diantaranya Lion Air JT321 tujuan Jakarta, Lion Air JT311 tujuan Surabaya, Wings Air IW1394 tujuan Balikpapan, Lion Air JT521 tujuan Yogyakarta, Nam Air IN360 tujuan Surabaya, Wings Air tujuan Batulicin, Garuda Indonesia GA533 tujuan Jakarta.

Humas PT Angkasapura Syamsudin Noor, Aditya Putra Patria, Kamis (12/9/2019) membenarkan bahwa pada pagi ini Visibility hanya 300m pada 06.00 Wita. Dan Visibility 100m 06.30 Wita, Visibility 100m pada 07.00 Wita. Visibility 100m 07.15 Wita.  Hingga Visibility 8.45 Wita sudah di atas 800 meter

"Sudah sangat menggangu keamanan dan keselamatan penerbangan," tegas Area Manager Lion Air Kalsel Agung Purnama.

Dia mengatakan terutama pada saat take off dan landing karena aturan keselamatan penerbangan menyatakan untuk take off visibility atau jarak pandang harus clear dan minimum harus berjarak pandang 2 kilometer.

Masih menurutnya, Begitu juga untuk pendaratan, harus memperhatikan jarak pandang terutama vertikal visibility.

Diketahui hari ini juga Kalsel akan ada kedatangan Wakapolri Komjen. Pol. Drs. Ari Dono Sukmanto, S.H untuk pantau Karhutla di Kalsel. Namun karena bandara Syamsudin Noor pagi masih belum normal jadi belum berangkat.

Sementara laporan dari Kadis Ops, Kadisops Lanud SAM Mayor Lek Agus Susanto, mengemukakan hasil koordinasi Polda, Waka Polri tidak terlalu lama sekitar 30 menit satu jam dan ingin lihat proses water boombing.

"Rencananya akan arahkan ke water boombing di Guntung damar dan Lianganggang," kata Kadis Ops.

Dilaporkan pula, hingga saat ini pesawat beliau masih belum berangkat dari Jakarta. "Belum infonya kini belum berangkat karena di sini belum clear cuaca nya. Infonya digeser ke siang ini dan rencana siang naik heli," kata dia.

Sementara Kepala BPBD Kalsel, Wahyuddin Noor menjelaskan bahwa memang akan ada rencana kedatangan tamu VIP yakni Wakapolri untuk memantau Karhutla di Kalsel.

"Hari ini akan diiterbangkan Water Boombing dulu, karena Waka Polri akan ikut lihat water boombing dan akan apel di Kilometer 21 Landasan Ulin," kata dia.(*)