Mantap..!! Kapolsek Banjarbaru Barat Turun Langsung Padamkan Titik Api

Mantap..!! Kapolsek Banjarbaru Barat Turun Langsung Padamkan Titik Api

September 10, 2019

PADAMKAN API - Kapolsek Banjarbaru, Kompol Syaiful Bob turun langsung padamkan api, di titik Karhurla di Jalan Jurusan Pelaihari Pengayuan, Kelurahan Landasan Ulin Selatan Kecamatan Liang Anggang, Selasa (10/9) siang.

Banjarbaruklik - Patut diacungi jempol apa yang dilakukan oleh Kapolsek Banjarbaru Barat, Kompol Syaiful Bob ini.

Pasalnya menyusul wilayah hukumnya di Kecamatan Landasan Ulin dan Liang Anggang menjadi titik rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Selain menurunkan personel, dirinyapun turun langsung memadamkan api di titik kebakaran lahan, Selasa (10/9) tadi.


Syaiful Bob langsung turun ke lapangan untuk membantu Satgas Karhutla memadamkan api saat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di kawasan Jalan Jurusan Pelaihari Pengayuan, Kelurahan Landasan Ulin Selatan Kecamatan Liang Anggang.

Saat dikonfirmasi dia mengatakan,  lahan yang terbakar itu merupakan lahan kosong non produktif. Dimana atau lahan gambut, yang ditumbuhi rerumputan ilalang dan pohon galam.

"Luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai kurang lebih 100 Hektare. Pasalnya, lahan yang terbakar mulai dari wilayah Desa Pandahan Kabupaten Tanah Laut, hingga memasuki wilayah Pengayuan Kelurahan Landasan Ulin selatan Kota Banjarbaru," terangnya kepada Banjarbaruklik.com

Dia menjelaskan, upaya pemadaman melalui darat menggunakan alat dan mesin Alkon beserta Truk Water Canon. Serta pemadaman melalui udara dibantu oleh Helikopter Water Bombing dari BPBD Provinsi Kalsel.

"Karena terlalu luas area lahan yang terbakar, pemadaman pun difokuskan di sekitar perumahan warga. Selain itu satgas karhutla juga melakukan upaya blokade dan pembasahan rumah. Hal ini dilakukan agar api yang sudah mendekati, tidak menjalar kerumah warga sekitar,” ujarnya.

Personil pemadaman yang terjun ke lokasi titik api ini diantaranya, Satgas Karhutla Polda Kalsel, Satgas Karhutla Sat Brimob Polda Kalsel, Satgas Karhutla Polres Banjarbaru, Polsek Banjarbaru Barat, Gabungan Kesatuan TNI, BNPB Provinsi Kalsel, BPBD Kota Banjarbaru, Damkar Pemko Banjarbaru, sampai Gabungan BPK se- Kota Banjarbaru.(zai)