Pelantikan Pengurus APJI se-Kalsel, Ini Pesan Ketua Umum

Pelantikan Pengurus APJI se-Kalsel, Ini Pesan Ketua Umum

September 03, 2019

BERPESAN - Ketum DPP APJI, Irwan Iden Gobel didampingi Ketua DPD APJI Kalsel, Soerja Dewa Septianta, berpesan kepada para pengurus DPC se-Kalsel, agar memanfaatkan teknologi.

Banjarbaruklik - Pengurus Asosiasi Penyelengara Jasa Boga Indonesia (APJI) Kalimantan Selatan, menggelar pelantikan Dewan Pimpinan Cabang APJI se- Kalimantan Selatan, Selasa (3/9) tadi di Ballroom Hotel Roditha Banjarbaru.

Pelantikan ini, selain dihadiri oleh Ketua DPD APJI Kalsel, Soerja Dewa Septianta. Acara juga dihadiri langsung Ketua Umum DPD APJI, Irwan Iden Gobel serta Asisten 1 Bidang Pemerintahan Pemprov Kalsel, Siswansyah.

Dalam pelantikan ini, ada sembilan DPC APJI di Kalsel resmi dilantik. Baik dari tingkat Ketua dan jajaran pengurus lainnya.

DPC APJI di tingkat kabupaten Kota yang dilantik yakni Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tapin, HST,  Tabalong, Tanah Laut, Batola, dan Kotabaru. Sementara Kota Banjarmasin telah dilantik beberapa waktu sebelumnya.

"Untuk kabupaten yang belum ini tengah penjajakan. Kita juga berharap bagi rekan-rekan yang berprofesi sebagai pengusaha Jasaboga di daerah yang belum ada DPC bisa bergabung dengan kita.Tiga daerah yang belum terbentuk Kabupaten HSS, Balangan serta Kabupaten HSU," ucap Ketua DPD APJI Kalsel, Seorja.

Setelah melantik resmi para pengurus di level DPC ini, Surya turut mengucapkan selamat kepada para rekan-rekannya di keluarga besar APJI Kalsel.

"Selamat bertugas & berkarya. Saya tekankan agar bahwa kepemtingan bangsa dan negara serta keselamatan umat manusia jadi prioritas dalam menjalankan kepengurusan. Sekali lagi selamat," katanya.

Ketum DPP APJI, Irwan Iden Gobel yang hadir langsung dari Jakarta berharap, agar para pengurus maupun pengusaha Jasaboga yang ada di Kalswl untuk terus mengembangkan usahanya.

"Sekarang ini era teknologi, jadi kita harus adaptasi, jangan sampai karena kita acuh kita akan terdegradasi. Jadi pesan dan harapan saya rekan-rekan di Kalsel terus berinovasi, maksimalkan sumber daya digital yang ada," pesannya.

Saat ini kata Irwan APJI seluruh Indonesia sudah mempunyai lebih dari 2500 usaha katering. Juga untuk totalan SDM nya telah mencapai 150.000 orang.

"Usia APJI telah memasuki 34 tahun. Dengan dilantiknya DPC di Kalsel ini makin menambah jajaran perusahaan katering dan SDM yang berganung dengan kita," ungkapnya.

Ia pun kembali menekankan agar rekan-rekan APJI di Kalsel bisa melihat lebih jauh ke depan. Pasalnya dari sepengetahuannya, masyarakat Kalsel dan juga para pelaku industri Jasaboga di Kalsel sudah lebih melek dengan internet.

"Di sini saya lihat pengguna internet sudah banyak, jadi ayo berinovasi dan juga berkontribusi untuk APJI. Mari bersama-sama memajukan APJI dan berpartisipasi untuk ekonomi negara," pesannya.

Selain melantik para pengurus anyarnya. DPD APJI Kalsel juga turut menjalin MoU dengan pihak Poltekes Kemenkes Banjarmasin. Penandatangan nota kesepakatan dilakukan usai momen sakral pelantikan.

"Kita menjalin MoU dengan Poltekes Kemenkes Banjarbaru. Kerjasama ini dalam hal kita akan diajarkan terkait bagaimana menyajikan menu makanan yang bergizi dan higienis. Kalau dari kita akan sharing ilmu kepada mahasiswa di sana soal cara dan peluang berwirausaha, khususnya di bidang kuliner," beber Surya.

Seusainya sesi pelantikan. Acara dilanjutkan dengan materi dari Dinas Koperasi & UMKM kepada para anggota APJI se Kalsel.

Untuk posisi ketua di tiap-tiap DPC yang telah ditetapkan oleh DPD. Untuk Kota Banjarbaru dijabat oleh Noor Aina, lalu Kab Banjar adalah Eko Rudianto, Kab Tapin, Rudi Hermadi, Kab HST, Samkani, Kab Tabalong, Firman Dwiantoro, Kab Tanah Lait, Sahat Halomoan M, Kab Batola, Radiana, Kab Kotabaru, Siti Juleha serta Kab Tapin, Yudi Harmadi.

Program Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) BNSP kepada para pelaku industri jasaboga di Banua.(zai)