Pemko Segera Selesaikan Pembangunan Pasar Cempaka, Desember Sudah Bisa Digunakan

Waktu Baca : 3 menit
AKAN DIRAMPUNGKAN – Pembangunan Pasar Cempaka akan segera dirampungkan pembagunannya. Targetnya akhir Desember akan bisa digunakan.

Banjarbaruklik – Akhirnya mulai ada kejelasan terkait pembangunan Pasar Rakyat Galuh Cempaka di Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru.

Usai tersendat hampir dua tahun sejak 2017 yang lalu. Pemerintah Kota Banjarbaru rencananya akan segera meyelesaikan, proyek yang awalnya dari Pembangunan Bantuan dari Kementerian Perdangangan RI tersebut.

Read More

Pemko Banjarbaru melalui Sekda Kota Banjarbaru H Said Abdullah menerangkan, pengerjaan finishing pasar segera dilakukan. Jika sesuai rencana, maka pasar Cempaka ini akan bisa digunakan pada Bulan Desember 2019 atau awal Januari 2020 nanti.

“Selama ini terlihat stagnan pembangunan Pasar Cempaka ini, karena memang ada permasalahan administrasi. Oleh sebab itu pembangunannya memang agak terlambat. Karena dalam perjalannya banyak waktu terbuang, karena berbagai macam hal. Mulai dari lokasi, sampai proses lelang dan pengerjaannya. Sehingga pekerjaan menjadi tidak tepat waktu,” ungkapnya kepada Banjarbaruklik.com Selasa (10/9) siang.

Dia menjelaskan, saat ini dirinya bersyukur karena permasalahan administrasi ini sudah selesai. Dimana sudah ada Keputusan Pengadilan kepada Pemko Banjarbaru, yang menjelaskan bisa untuk membayarkan pekerjaan yang dikerjakan oleh kontraktor sebelumnya.

 “Selain itu hal yang kedua susah ada penyerahan aset hibah dari Kementerian Perdagangan Ri kepada Pemko Banjarbaru. Sehingga saat ini kami bisa melakukan lanjutan pembangunan diatas aset Pemko ini. Karena sudah menjadi milik Pemko,” terangnya.

Oleh karena proses ini, akhirnya pekerjaan lanjutan untuk menyelesaikan pembangunan pasar ini akan bisa dilaksanakan secepatnya.

“Saat ini sedang proses lelang, Insha Allah jika pekerjaan lancar maka tidak lama lagi kami akan melakukan peresmian disana dan segera menempatkan pedagang di Pasar Cempaka ini. Pekerjaan penyelesaiannya ini saya kita 40 hari sudah bisa selesai. Nanti kita akan pakai Dana APBD untuk penyelesaiannya ini,” jelasnya.

Senada dengan Sekda, Kabid Pengelolaan Pasar Disperindag, Wahyudillah menerangkan, pada tanggal 12 September ini Kepala Dinas akan meneken tandatangan penyerahan aset di Kementerian pendaganga. Sehingga semua syaratnya sudah terpenuhi.

“Proyek penyelesaian pembangunan Pasar Cempaka ini dananya sebesar Rp 1,5 Miliar. Saat ini sudah proses lelang, setelah selesai langsung bisa dikerjakan. Rincian angkanya adalah untuk Pembuatan los pedangan sekitar Rp 900 juta, pemasangan Paving sekitar Rp 400 juta dan pemasangan besi sekitar Rp 100 juta. Setelah itu clear semua pengerjaannya,” terangnya.

Dirinya yakin, jika sesuai rencana pada akhir bulan Desember 2019 atau awal Januari 2020 pasar ini sudah bisa ditempati para pedagang.

“Kami juga sudah melakukan pendataan terhadap para pedagang. Kami pilah-pilah sesuai dengan zonasi, sehingga nanti banyak pedagang yang tertampung. Mulai dari pedagang sembako, sayur, daging, sampai dengan pedagang ikan basah,” tegasnya.(zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *