Modifikasi Pisau, Mantan Polisi Kasus Penculikan Coba Kabur Dari Lapas Banjarbaru

Modifikasi Pisau, Mantan Polisi Kasus Penculikan Coba Kabur Dari Lapas Banjarbaru

October 07, 2019

DIAMANKAN - Andre Gunawan (24) Mantan Anggota Polisi yang diberhentikan dengan tidak hormat, mencoba melarikan diri dari Lapas Kelas III Banjarbaru. 

Banjarbaruklik - Lapas Kelas III Banjarbaru sempat heboh, pasalnya empat orang Narapidana sempat mencoba kabur dari Lapas, yang berada di Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru ini.

Salah satunya adalah mantan Polisi yang diberhentikan tidak hormat Andre Gunawan (24). Dia terjerat kasus Penculikan Siswi SMP di Banjarbaru, awal tahun 2019 yang lalu.

Andre (24) melakukan percobaan melarikan diri dari, sel di Lapas kelas III  Banjarbaru, pada Jumat (4/10) malam. Berdasarkan informasi, dirinya juga mengajak tiga Napi lainnya untuk kabur dari Lapas.

Kalapas Banjarbaru, Abdul Azis melalui 
Kepala Keamanan Ketertiban (Kamtib) Lapas Kelas II B Banjarbaru, Fikri Rahmadian, membenarkan kejadian ini. 

"Iya betul, hanya percobaan saja tapi gagal. Belum sempat kabur," ungkapnya kepada Banjarbaruklik.com Senin (7/10) sore.

Dia menjelaskan, Andre (24) dan tiga napi lainnya yang berada di sel Isolasi kamar 7 blok J. Lalu memotong tralis belakang sel, menggunakan pisau yang dimodifikasi dengan gergaji. Aksi percobaan pelarian diri, Andre ini baru diketahui petugas Lapas, saat Napi lainnya berteriak bahwa Andre melarikan diri. 

“Napi lain yang didalam sel bersama Andre teriak, memberitahu petugas. Dari situ petugas langsung menyebar dan melakukan pencarian. Belum sempat kabur kemana-mana, bahkan belum keluar tembok. Masih disekitar kamar saja,” terangnya.

Saat ini, usai di interogasi Andre (24) bersama tiga Napi lainnya dari kasus Narkoba sudah berada di sel isolasi. Karena percobaan pelarikan diri ini, Andre dan tiga Napi lainnya dicabut hak-haknya didalam Lapas Banjarbaru dan dipastikan tidak menerima remisi. Petugas Lapas Banjarbaru sendiri masih mendalami peristiwa ini.

"Intinya Lapas sudah bertindak sesuai dengan SOP dan prosedur keamanan. Sehingga Warga Binaan yang mencoba melarikan diri bisa gagal dalam hitungan menit saja," tegasnya.

Perlu diketahui Andre Gunawan (24) merupakan, Mantan Polisi yang di berhentikan dengan tidak hormat. Karena terjerat kasus penculikan siswi SMP, serta bermotif pemerasan. Dengan meminta uang tebusan kepada orang tua Korban, pada Januari 2019 lalu.

Andre (24) juga sempat melarikan diri dari Mapolres Banjarbaru usai diamakan. Saat proses penangkapan kedua kalinya, Polres Banjarbaru bahkan sempat dibantu Polda Kalsel dan Polres Kotabaru. Andre Gunawan (24) berhasil diamakan dengan dua peluru bersarang di kedua kakinya.(zai)