Pemeriksaan IVA dan SADANIS di Wilayah Kelurahan Syamsuddin Noor

Pemeriksaan IVA dan SADANIS di Wilayah Kelurahan Syamsuddin Noor

October 05, 2019

Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya didampingi Kepala Puskesmas Guntung Payung dr Indriyani Yanuareni, Ketua TP PKK Kecamatan Landasan Ulin Fitrah Subhan dan Ketua TP PKK Kelurahan Syamsudin Noor Ika Maulida Buka Acara Pemeriksaan IVA dan SADANIS, Sabtu (5/10)


Banjarbaruklik - Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya menghadiri sekaligus membuka Acara Pemeriksaan IVA dan SADANIS di Wilayah Kelurahan Syamsuddin Noor Kecamatan Landasan Ulin Banjarbaru. Sabtu (5/10).

Tampak berhadir Kepala Puskesmas Guntung Payung dr Indriyani Yanuareni, Ketua TP PKK Kecamatan Landasan Ulin Fitrah Subhan dan Ketua TP PKK Kelurahan Syamsudin Noor Ika Maulida saat

Kepala Puskesmas Guntung Payung dr Indriyani Yanuareni selaku panitia pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa Pemeriksaan IVA dan SADANIS di Wilayah Kelurahan Syamsuddin Noor Kecamatan Landasan Ulin ini merupakan kegiatan rutin yang telah dilakukan MoU dengan Kelurahan Syamsuddin Noor, Kecamatan Landasan Ulin dengan Puskesmas Guntung Payung terkait Pemeriksaan IVA dan SADANIS.

"Pada hari ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya kita laksanakan di Wilayah Kelurahan Syamsuddin Noor Kecamatan Landasan Ulin. Pada Pemeriksaan IVA dan SADANIS hari ini juga di lakukan Pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM). Peserta IVA dan SADANIS pada hari ini sebanyak 70 orang." Ucap dr Indriyani Yanuareni.



Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya menyampaikan bahwa pemeriksaan iva dan sadanis ( periksa payudara klinis ) yang rutin sangat dianjurkan untuk dilakukan. Karena berguna untuk mendeteksi kanker sedini mungkin. Kedua metode ini bertujuan untuk mendeteksi kanker secara dini, sehingga dampak buruk penyakit ini dapat diperkecil. Pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) adalah pemeriksaan leher rahim (Serviks) dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3 sampai dengan 5%.

"Dengan cara ini kita dapat mendeteksi kanker rahim sedini mungkin, dan bila tanda dan gejalanya bisa diketahui sejak dini maka kanker leher rahim ini dapat disembuhkan." Sarannya.

Sedangkan sadanis atau periksa payudara klinis adalah pemeriksaan pada payudara oleh tenaga kesehatan (nakes) terlatih. Sadanis dilakukan dengan usg dan mamografi untuk melihat apakah ada pertumbuhan abnormal yang berisiko lebih jelas. Sadanis merupakan tindakan pencegahan untuk menemukan benjolan di payudaya yang berisiko kanker, sedini mungkin. Tindakan ini penting untuk mencegah kanker ditemukan di stadium akhir, yang memiliki tingkat kematian tinggi.

"Bila diketahui sejak stadium awal, yaitu stadium 1 dan 2, kanker payudara akan bisa disembuhkan dan biaya pengobatan juga akan lebih ringan." Ujarnya.



Sementara ini penyakit kanker leher rahim dan kanker payudara memang telah menjadi penyakit yang menakutkan, apalagi ditambah dengan persepsi yang salah ataupun karena para perempuan sendiri takut untuk memeriksanya.

"karena itu banyak yang ketahuan setelah penyakitnya cukup parah. Maka dari itu kegiatan pada hari ini tentunya sangat penting, diharapkan kita sebagai perempuan dapat mengetahui kondisi kesehatan kita sehingga dapat melakukan pencegahan atau penanggulangan lebih lanjut." Pungkasnya.

Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya menyampaikan agar ibu-ibu dapat mengajak tetangga ataupun kerabatnya yang sudah menikah untuk ikut Pemeriksaan IVA dan SADANIS.(*)