Awal November, Bandara Syamsudin Noor Diverifikasi Kemenhub

Waktu Baca : 3 menit
PROGRES PEMBANGUNAN – Progres Pembangunan Bandara Syamsudin Noor, awal November 2019 ini, sudah hampir rampung.

Banjarbaruklik – Usai mendapatkan kenaikan status menjadi Bandara Internasional September 2019 lalu. Terminal baru Bandara Syamsudin Noor akhirnya secara resmi diverifikasi, oleh Direktorat Keamanan Penerbangan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, awal November 2019 ini.

Verifikasi dari Kemenhub ini dilaksanakan dari tanggal 5 sampai tanggal 8 November. Dimana akan memberikan catatan-catatan yang perlu ditindaklanjuti dan dipenuhi oleh Angkasa Pura I sebagai operator bandara. Catatan hasil verifikasi itu akan diberikan pada Jumat (8/11) besok.

Read More

Project Manager Pembangunan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Dadang Dian Hendiana mengatakan,
Verifikasi dari Kemenhub ini bertujuan untuk memastikan bangunan terminal. Lalu bangunan penunjang, beserta fasilitas dan perangkat di dalamnya.

“Hasil verifikasi ini nantinya menilai,  apakah Bangunan di Bandara Syamsudin Noor sudah dinyatakan telah aman, layak, serta memenuhi standar regulator. Serta siap untuk dioperasionalkan,” ujarnya melalui siaran pers.

Dia menambahkan, Proyek Pengembangan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Dimana diamanatkan oleh Pemerintah RI, kepada Angkasa Pura I untuk mengatasi permasalahan kurangnya yang terjadi.

RAPAT VERIFIKASI – Perwakilan Kemenhub RI, rapat bersama Angkasa Pura dan Project Manager Pembangunan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. Terkait verifikasi Bandara Syamsudin Noor.

Proyek ini terdiri dari pembangunan sisi darat, yang meliputi pembangunan terminal baru dan gedung kargo serta pembangunan sisi udara yang meliputi perluasan apron.

Terminal baru Bandara Syamsudin Noor memiliki luas 77.569 meter persegi atau 8 kali lebih luas dibandingkan terminal lama yang hanya memiliki luas 9.043 meter persegi. Beroperasinya terminal baru ini, nantinya akan menambah kapasitas penumpang menjadi 7 juta penumpang per tahun. Atau 5 kali lebih besar dibandingkan terminal lama yang hanya dapat menampung 1,6 juta penumpang per tahun.

Terminal baru juga ditunjang dengan 42 unit konter check-in, tiga conveyor belt, dan ruang tunggu seluas 5.185 meter persegi. Tersedia pula, lahan parkir seluas 34.360 meter persegi untuk kendaraan roda empat dan 2.420 meter persegi untuk kendaraan roda dua.

Terminal kargo baru berkapasitas 44.000 ton per tahun dari 22.297 ton per tahun yang ada saat ini. Sedangkan apron bertambah menjadi 129.812 meter persegi dan mampu menampung 16 pesawat. Dari yang sebelumnya hanya 80.412 meter persegi dan hanya dapat menampung 8 pesawat.

“Hadirnya terminal baru Bandara Syamsudin Noor ini adalah bagian dari komitmen Angkasa Pura I. Untuk terus meningkatkan layanan kebandarudaraan berstandar internasional. Dengan mengutamakan prinsip Safety, Security, Services dan Compliance. Terminal baru ini diharapkan dapat menjadi ikon baru kebanggaan masyarakat Kalimantan Selatan,” tambah Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi.(zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *