Dukung Program Mentan SYL, Perhiptani Kalsel Siap Jadi Kopassus Pertanian

Waktu Baca : 5 menit
AKRAB: Ketua DPW Perhiptani Kalimantan Selatan H Sumedi (kiri) bersama Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo (tengah) pada saat Rakernas dan Lokakarya baru-baru tadi. 

Banjarbaruklik – JAKARTA – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Lokakarya Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) yang bekerjasama dengan Yayasan Bina Profesi Penyuluh (YBPP), Rabu (30/10) tadi sukses digelar di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta.

Dalam agenda yang langsung dihadiri Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) ini, H Sumedi selaku Ketua DPW Perhiptani Kalimantan Selatan mendapatkan apresiasi terbaik dari Ketua DPP Perhiptani Dr Ir H Isran Noor MSi yang juga Gubernur Kalimantan Timur sebagai peserta terbanyak yaitu 29 orang terdiri dari pengurus DPW Kalsel dan DPD Kabupaten Kota di Kalsel

Read More

Rakernas dan Lokakarya yang digelar mengusung tema “Memantapkan Peran Perhiptani Dalam Percepatan Pengembangan Kelembagaan Ekonomi Petani Untuk Meningkatkan Pendapatan dan Kesejahteraan Petani”.

KOMITMEN: Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Provinsi Kalimantan Selatan Ir H Syamsir Rahman dan Ketua DPW Perhiptani Kalimantan Selatan H Sumedi berkomitmen meningkatkan produktivitas pertanian di Kalsel. FOTO: Perhiptani Kalsel

Dalam arahannya SYL menyampaikan pentingnya membuat gerakan antarlintas sektoral untuk mengoptimalisasi seluruh lahan pertanian di Indonesia. Menurutnya gerakan ini bisa berjalan dengan baik jika para penyuluh mendorong dan juga ikut terlibat untuk memberi kontribusi. Dalam 100 hari pertama masa kerjanya SYL akan membentuk Sistem Komando Strategis Teknis Pertanian (Kostra Tani)

“Perlu membentuk Kopassus di level Kecamatan. Kita sebenarnya sudah ada Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang menjadi basis penyuluh yang mampu memberikan informasi inovasi dan teknologi, BPP ini akan diperkuat, direvitalisasi, ditingkatkan tupoksi dan perannya agar menjadi Kopassus,” tuturnya.

Dalam arahan Mentan SYL nanti akan ada Kostra Tani di Tingkat Kecamatan, di kabupaten ada Kostra Tani daerah, Provinsi akan ada Kostra Tani Wilayah dan di Tingkat Pusat akan ada Kostra tani Pusat. Semuanya untuk menggenjot pertanian, meningkatkan produktivitas hingga ke level paling bawah.

PENYULUH: Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia saat menghadiri Rakernas dan Lokakarya di Jakarta beberapa waktu lalu. 

Mentan SYL menekankan tiga poin utama bagi penyuluh yaitu penyuluh sebagai Kopassus pertanian, dimana sekaligus menjadi cerminan dari kepintaran rakyat, kemampuan menyiapkan pangan, dan menjadi cerminan penampilan serta perilaku masyarakat tani.

Artinya bila masyarakat petani tidak maju, maka ada peran penyuluh juga disana. Dirinya berharap peranan penyuluh terus dipertahankan, dan ditingkatkan agar para petani memiliki pengetahuan dan pemahaman pengelolaan cara tanam yang efisiensi dan lebih modern. “Sistem pertanian yang makin modern harus ada di penyuluh didalamnya, karena penyuluh itu inti pertanian kita,” tukasnya.

Terpisah, Ketua DPW Perhiptani Kalimantan Selatan Sumedi mengatakan penyuluh pertanian harus memiliki semangat juang, dinamis dan mampu berinovasi dalam menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi di sektor pertanian.

“Penyuluh sebagai pendamping para pelaku utama (petani/nelayan) harus mampu mencari solusi dalam menghadapi berbagai permasalahan serta memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri,” ujarnya.

Rencana Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) membentuk Sistem Komando Strategis Teknis Pertanian (Kostra Tani) hingga level kecamatan pun disambut positif H Sumedi. Menurut H Sumedi, gerakan ini harus didukung agar bisa menggenjot pertanian dan juga meningkatkan produktivitasnya hingga ke level paling bawah.

“Gerakan Kopassus di level Kecamatan yang disebutkan pak Menteri harus kita dukung dan kita sambut positif. Kita siap menjadi pilarnya, untuk meningkatkan produktivitas pertanian terutama di Kalimantan Selatan. Perhiptani Kalsel siap mendukung program 100 hari pertama pak SYL yang berencana membentuk Sistem Komando Strategis Teknis Pertanian (Kostra Tani) dari lebel bawah, kecamatan,” tegas Sumedi saat ini juga menjabat sebagai Anggota DPRD Kota Banjarbaru. 

TERBANYAK: DPW Perhiptani Kalimantan Selatan mendapatkan apresiasi terbaik dari Ketua DPP Perhiptani Dr Ir H Isran Noor MSi.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Prov. Kalimantan Selatan, Ir. H. Syamsir Rahman, MS, sebagai salah satu Pembina DPW Perhiptani Kalimantan Selatan menyampaikan bahwa dengan terbitnya UU 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah dan PP 18/2016 Tentang Perangkat Daerah membuat kelembagaan penyuluhan pertanian berbeda-beda di masing-masing daerah, baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten.

“Ini merupakan tantangan bagi Perhiptani sebagai organisasi profesi Penyuluh untuk mensiasatinya agar kegiatan Penyuluhan Pertanian tetap terus eksis,” ujarnya.

Sedangkan DTPH sendiri, sebagai Satker yang mengemban tugas Penyuluhan di tingkat provinsi sudah mengalokasikan program-program guna mendukung penyelenggaraan penyuluhan di Provinsi Kalimantan Selatan baik itu yang berasal dari dana APBD maupun APBN, harapannya program-program tersebut mendapat dukungan dan bersinergi dengan program kerja yang DPW Perhiptani Kalimantan Selatan. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *