Musim Razia Pembuat SIM Melonjak, Capai 2,7 Ribu Pemohon Sebulan

Musim Razia Pembuat SIM Melonjak, Capai 2,7 Ribu Pemohon Sebulan

November 07, 2019

RAMAI - Loket Pembuatan SIM di Sat Lantas Polres Banjarbaru ramai pemohon, Kamis (7/11) siang.


Banjarbaruklik
- Operasi Zebra Intan 2019 terbukti ampuh, dalam memberikan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas. Tidak hanya urusan kelengkapan berkendaraan saja,  tapi juga terkait surat menyuratnya.

Hal ini terbukti dengan melonjaknya pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Sat Lantas Polres Banjarbaru, saat musim Razia.

Hal ini disampaikan Kasat Lantas Polres Banjarbaru, AKP Gustaf Adolf Mamuaya kepada Banjarbaruklik.com.
Dia mengatakan, kenaikan pembuatan SIM ini sering terjadi setiap tahunnya menjelang dan saat musim Razia. Seperti Operasi Terpusat Zebra Intan 2019, yang mengedepankan penindakan.

"Banyak masyarakat yang baru sadar untuk membuat SIM kalau ada razia. Baik itu SIM A atau SIM C, tapi yang paling banyak pemohon untuk SIM C," ungkapnya didampingi BAUR SIM Aipda I Putu, Kamis (7/11) siang.

Dia menjelaskan, para bulan November saja tercatat 2.700 pemohon yang membuat SIM di Sat Lantas Polres Banjarbaru. Hal ini meningkat sekitar 12 persen dari bulan sebelumnya, yang hanya sekitar 2.500 pemohon.

"Tapi yang paling banyak pemohon SiM C dan sisanya SIM A. Jika dirata-ratakan pembuat SIM ini sekitar 100 pemohon lebih setiap harinya. Tapi kami bersyukur semakin banyak masyarakat yang sadar. Akan pentingnya kelengkapan surat menyurat, dalam berkendara," terangnya.

Jumlah ini hanya untuk pembuat SIM baru saja, belum ditambahkan dengan pemohon yang memperpanjang SIM nya. Pihak Satlantas Polres Banjarbaru juga saat ini semakin memudahkan masyarakat. Dalam hal pelayanan perpanjangan SIM di wilayah hukumnya.

Diantaranya adalah pelayanan SIM keliling didepan lapangan Murjani Banjarbaru dan pelayanan SIM di Bundaran Kamaratih Jalan A Yani KM 25 Landasan Ulin. Serta Cafe SIM di halaman Samsat Banjarbaru setiap Sabtu malam.(zai)