Operasi Zebra Intan Usai, Total Ribuan Pelanggar Kena Tilang

Operasi Zebra Intan Usai, Total Ribuan Pelanggar Kena Tilang

November 06, 2019

BERIKAN PENJELASAN - Kasat Lantas Polres Banjarbaru, AKP Gustaf Adolf Mamuaya memberikan penjelasan. Terkait jumlah pelanggar selama Operasi Zebra Intan 2019.


Banjarbaruklik - Pelaksanaan Operasi Terpusat Zebra Intan 2019, yang dilaksanakan oleh Satuan Lalu Lintas Polres Banjarbaru, telah usai.

Operasi yang digelar selama 14 hari, sejak 23 Oktober sampai 5 November 2019 ini. Telah menjaring ribuan pengendara yang melakukan pelanggaran.

Pelanggaran pada Ops Zebra Intan 2019 ini jumlahnya lebih tinggi, dibanding dengan operasi pada tahun sebelumnya. Terbukti dalam pelaksanaan selama 14 hari Zebra Intan ini. Satlantas telah melakukan penindakan tilang sebanyak 2.377, pelanggar baik roda dua maupun roda empat.

Kasat Lantas Polres Banjarbaru AKP Gustaf Adolf Mamuaya menjelaskan, dari jumlah 2.377 pelanggar ini. Pelanggaran didominasi pelanggar yang melawan arus. Serta para pelanggar yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) dan tertinggal Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).



“Dari data Operasi Zebra Intan Tahun 2019 mengalami peningkatan jumlah pelanggar. Dimana pada Ops Zebra Intan Tahun 2018 lalu, datanya hanya sebanyak 1.660 pelanggar,” ujarnya.

Dia menerangkan, tujuan dilaksanakannya Ops Zebra Intan ini ada dua. Pertama adalah cipta kondisi untuk menyambut Natal dan Tahun Baru. Serta yang kedua adalah menekan fatalitas korban kecelakaan lalu lintas dijalan.

Dirinya juga mengimbau, masyarakat Kota Banjarbaru khususnya para pengguna kendaraan bermotor. Untuk selalu melengkapi kelengkapan kendaraan bermotor. Serta tertib dalam berlalu lintas, walupun Operasi Zebra Intan sudah usai.

Kedepan, guna menghadapi dan menjelang Natal dan tahun baru. Satlantas akan menggelar operasi Lilin Intan 2019.(zai)