Pengerjaan Tapal Batas Wilayah Banjarbaru Kabupaten Banjar di Liang Anggang Molor

Waktu Baca : 3 menit
BELUM RAMPUNG – Proyek pengerjaan Tugu Tapal Batas di KM 18 Liang Anggang Banjarbaru ini belum rampung. Dana untuk pengerjaannya berjumlah sebesar Rp 1.943.000.000 (Rp 1,9 Miliar) ini,  dikerjakan oleh CV Dita, yang berkantor di Kandangan Kabupaten HSS. 

Banjarbaruklik – Sudah hampir tenggat waktu target pengerjaan pada 26 Desember 2019. Pengerjaan Tugu Tapal Batas di Jalan A Yani KM 18 Liang Anggang Kota Banjarbaru, belum juga rampung.

Terlihat saat wartawan ke lapangan Senin (24/12) siang, para pekerja masih melakukan pengecoran fondasi beton tiang Tugu Tapal Batas.

Read More

Pekerjaan tapas batal antara Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar ini diprediksi bakal molor. Pasalnya pekerjaan yang menelan anggaran APBN Kota Banjarbaru ini, hanya tersisa dua hari saja.

Dimana pada papan proyek pengerjaan tertera, waktu pengerjaan yang terhitung selama 60 hari. Dari Oktober 2019 harus terselesaikan  pada 26 Desember ini. Hanya saja hingga Senin (24/12) siang, fondasi dan tiang pancang tugu tapal batas belum juga rampung. Hal yang mustahil dalam waktu dua hari Tugu tapal batas ini akan rampung.

Bangunan yang menggunakan APBD Banjarbaru 2019, sebesar Rp 1.943.000.000 (Rp 1,9 Miliar) ini,  dikerjakan oleh CV Dita, yang berkantor di Kandangan Kabupaten HSS.

Dari data yang dihimpun di lapangan, terlihat pengerjaan terus digenjot pengerjaanya. Bentuk dari bangunan itu juga belum terlihat nyata, karena masih melakukan pengecoran pondasi dan tiang pancang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarbaru, Jaya Kresna menjelaskan, awalnya pihaknya optimis dengan pegerjaan Tugu Tapal Batas ini akan rampung sesuai rencana.

“Kami juga sempat sampaikan hal ini ke DPRD Banjarbaru, bahwa kami optimis pengerjaan Tugu Tapal Batas ini akan selesai sesuai rencana. Tapi kenyataan dilapangan ada kendala, baik dari hal non teknis dan kendala cuaca di lapangan,” tegasnya kepada Banjarbaruklik.com

Dia menjelaskan, kendala non teknis mulai dari soal pembebasan tanah yang diklaim masyarakat. Sampai dengan kendala cuaca yang membuat molor pengerjaan. Apalagi bulan Desember ini masuk musim penghujan.

“Kalkulasi diatas kertas normal, dan bisa sesuai dengan rencana. Hanya saja, masalah cuaca dan non teknis dilapangan ini yang menjadi kendala molornya pengerjaan. Ornamen pabrikasi juga sudah datang dari Surabaya dan siap dipasang. Jika sudah selesai tiang pancang dan pondasi harusnya Ornamen tiang ini bisa dipasangkan dari pekan kemarin,” tegasnya.

Hal senada disampaikan Kabid Cipta Karya dan Tata Ruang Dinas PUPR, Abdul Samad. Dia mengakui, dengan kondisi saat ini pastinya akan ada keterlambatan pengerjaan.

“Kami menghitung saat ini progresnya sudah 70 persen, pastinya akan ada keterlambatan. Kemungkinan selesai dikerjakan pada pertengahan Januari 2020 nanti. Pasalnya ada waktu tambahan sekitar 50 hari untuk kami menyelesaikannya,” terangnya kepada Banjarbaruklik.com

Pihaknya juga tidak memungkiri, kontraktor pelaksana dari CV Dita akan terkena denda pengerjaan. Permil atau perseribu dari nilai kontrak pengerjaan setiap harinya.

“Pihak kontraktor juga sudah mengerti kondisi keterlambatan ini dapangan. Mereka juga siap terkena denda Permil. Sekitar Rp, 1,9 Juta setiap harinya,” tegasnya.

Dirinya optimis, jika fondasi sudah selesai dikerjakan, pemasangan ornamen pabrikasi akan cepat selesai. Pihaknya menghitung pemasangan ornamen pabrikasi dari bahan stainles akan rampung sekitar satu minggu waktu pengerjaan.(zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *