Balap Liar Marak Lagi, Ini Kata Kasat Lantas Polres Banjarbaru

Balap Liar Marak Lagi, Ini Kata Kasat Lantas Polres Banjarbaru

January 13, 2020

BERI KETERANGAN - Kasat Lantas Polres Banjarbaru, AKP Gustaf Adolf Mamuaya memberikan keterangan kepada Banjarbaruklik soal aktifitas balap liar di Kota Banjarbaru. 


Banjarbaruklik - Aktifitas kebut-kebutan dan balap liar kembali terjadi di Kota Banjarbaru beberapa pekan terakhir ini. Alhasil banyak pengguna jalan di Kota Banjarbaru mengeluh, takut kecelakaan terjadi akibat aksi tidak bertanggung jawab ini.

Lokasi yang sering digunakan para muda-mudi untuk ugal-ugalan berkendara ini adalah di Jalan Pangeran Suriansyah, Lapangan Murjani Banjarbaru dan di seputaran Kompleks Perkantoran Satdaprov Kalsel di Sungai Tiung Cempaka.

Menanggapi hal ini Kasat Lantas Polres Banjarbaru, AKP Gustaf Adolf Mamuaya angkat bicara kepada Banjarbaruklik, Senin (13/1) siang tadi.

"Terkait balap liar yang sering terjadi di wilkum Polres Banjarbaru ini, kami yakini aktifitas ini merupakan pelanggaran lalu lintas. Kami akan memberantas, bersama dengan Satuan lain di Polres Banjarbaru," ungkapnya.

BALAP LIAR - Aksi balap liar di Lapangan Murjani dan seputaran Kompleks Kantor Gubernuran Setdaprov Kalsel meresahkan warga. 

Dia menerangkan, beberapa waktu ini pihaknya juga sudah mencoba membubarkan aktifitas balap liar, yang sering terjadi di seputaran Kompleks Gubernuran Setdaprov Kalsel dan sekitaran Lapangan Murjani. Bersama dengan Satuan Sabhara Polres Banjarbaru.

"Saat ini masih kita halau dan bubarkan saja aktifitas balap liar ini, belum ke arah penindakan dan razia besar-besaran.
Jika giat ini dirasa kurang, maka kami akan tindak lebih lanjut, dengan melihat kondisi dilapangan," terangnya.

Pihaknya juga tidak menampik, jika aksi ugal-ugalan dan balap liar ini membahayakan keselamatan. Baik bagi si pelaku dan pengguna jalan lain. Oleh sebab itu Anggota dilapangan juga diperintahkan untuk menghalau aktifitas balap liar ini saja, tidak melakukan pengejaran. Juga untuk menjaga keselamatan semua pihak.

"Dalam menangani hal ini, Sat Lantas dan Polres Banjarbaru tidak bisa menindak sendiri saja. Harus ada dukungan penuh dari masyarakat dan Satpol PP Pemprov Kalsel. Karena para pelaku balap liar ini ada ratusan, sehingga perlu dibantu semua pihak," harapnya.

Guna memberikan efek jera, pihaknya juga tidak menutup kemungkinan nantinya akan dilakukan razia besar - besaran. Serta dilakukan penutupan jalur dan penyisiran dilapangan. Sehingga ratusan kawula muda ini, tidak lagi melakukan aktifitas balap liar.(zai)