Haul Abah Guru Sekumpul, Dishub Banjarbaru Sediakan Belasan Bus Untuk Antar Jemaah

Haul Abah Guru Sekumpul, Dishub Banjarbaru Sediakan Belasan Bus Untuk Antar Jemaah

January 10, 2020

DISIAGAKAN - Dishub Kota Banjarbaru menyiagakan belasan bus, untuk mengantar jemaah Haul Guru Sekumpul ke- 15.


Banjarbaruklik - Guna memperlancar gelaran Haul Abah Guru Sekumpul ke- 15 dan membantu kelancaran kegiatan. Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru akan menyiapkan belasan unit bus. Guna mengantar jemput jemaah Haul Abah Guru Sekumpul ke- 15, Pada Maret 2020 nanti.

Belasan angkutan bus ini nantinya digunakan untuk mengantar para jamaah Haul. Baik bagi Jemaah dari Kalsel maupun jemaah dari luar Kalsel. Dimana nantinya akan disediakan tempat parkir, bagi jemaah yang memarkir kendaraanya di seputaran Lapangan Murdjani Banjarbaru. Serta akan diantar ke titik antar yang sudah disediakan.



"Untuk persiapan angkutan bus yang akan mengantar jamaah baik dari Kalsel maupun luar Kalsel. Totalnya ada kurang lebih 15 bus. Dari bus ukurang besar hingga bus kecil," ucap Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru Ahmad  Yani Makkie, kepada Banjarbaruklik Jumat (10/1) siang.

Diterangkannya, rute bus ini nantinya sudah disiapkan. Untuk titik penjemputan akan difokuskan di depan Balai Kota Banjarbaru, untuk titik pengantaran di ujung Jalan Rahayu.

"Namun untuk hal ini situsional. Berkaca tahun sebelumnya, saat hari H pukul 15.00 sudah tidak bisa menerobos lagi. Jadi sudah kita rapatkan untuk titik antar itu simpangan Jalan STM," jelasnya.

Selain Bus, juga akan disediaka tenda-tenda untuk para jamaah yang ingin beristirahat maupun salat. Serta akan didirikan posko kesehatan bagi jemaah.

"Fasilitas lainnya ada tenda-tenda, juga ada tambahan dari tenda dari kawan-kawan Orari. Nanti kita siapkan tenda istirahat, untuk salat dan juga tempat untuk berwudhu. Pokso kesehatan dari Dinkes juga ada," terangnya.

Untuk parkir, dipastikan dapat menampung semua jamaah yang ingin memarkirkan kendaraanya. Dimana juga akan disiapkan kantong-kantong parkir, di kantor-kantor instansi yang ada di seputaran Lapangan Murjani Banjarbaru. Semua akan digratiskan dan tidak dipungut biaya sama sekali.

"Untuk personel Dishub, akan dikerahkan sebanyak 70 orang, yang disebarkan disetiap titik rute. Untuk titik utama, berada di Simpang 4 Banjarbaru.
Ditiap titik kemacetan juga kita sebar petugas. Selain itu, para relawan juga ada ditiap titik untuk mengatur rute yang dilalui para jamaah," tutupnya.(zai)