Telah Pulih 100 Persen, Jaringan Listrik PLN kalselteng Kembali Normal

Waktu Baca : 2 menit
ILUSTRASI – SISTEM KELISTRIKAN PLN KEMBALI NORMAL

Banjarbaruklik – Sistem Kelistrikan di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah dipastikan telah normal kembali 100 persen. Setelah sebelumnya mengalami gangguan, pada Minggu (19/1) sore, akibat gangguan alam, Tersambar petir.

Hal ini disampaikan Manager Komunikasi PLN Kalselteng, Syamsu Noor, kepada banjarbaruklik, Senin (20/1) sore. Dia mengatakan, dari 145 feeder yang padam akibat gangguan, seluruhnya telah kembali normal 100 persen. Seluruh feeder PLN Kalselteng ini telah normal pada Senin (20/1) sore pada pukul 15.50 Wita.

Read More

“Dengan normalnya seluruh feeder tersebut, maka suplai listrik ke pelanggan pun juga telah kembali normal. Kami pastikan pulih 100 persen. Suplai listrik telah dapat dinikmati pelanggan kembali, “terangnya, kepada Banjarbaruklik.

Dia mengaku, PLN juga bersyukur karena proses penormalan dapat berjalan aman dan lancar tanpa ada kendala yang berarti.

Dengan telah normalnya sistem kelistrikan, PLN memastikan segala informasi yang mengatakan bahwa proses penormalan membutuhkan waktu berhari-hari  tidak benar.

“Kami pastikan seluruh proses penormalan ini telah selesai dan sudah tidak ada lagi daerah yang terdampak akan gangguan kemarin,” ujarnya.

Terangnya, PLN memohon maaf atas ketidaknyamanan atas terjadinya gangguan ini. Selain itu, PLN juga berterimakasih kepada pelanggan atas kesabaran dan dukungan semua pihak, selama proses penormalan sistem Kelistrikan ini.

Sebelumnya, Sistem Kelistrikan PLN Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah mengalami gangguan. Akibat Jalur transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV), antara Gardu Induk (GI) Cempaka dan GI Pelaihari disambar petir pada Minggu (19/1) sore pukul 16.49 Wita.

Gangguan alam tersebut menyebabkan Sistem Kelistrikan Interkoneksi Kalselteng dengan Kaltim terlepas. Dampaknya beberapa pembangkit besar seperti PLTU Asam Asam, PLTU Pulang Pisau dan PLTA Ir PM Noor keluar dari sistem kelistrikan. 22 Gardu Induk di beberapa wilayah Kalselteng padam, sehingga suplai listrik ke pelanggan terhenti.(ari/zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *