Tingkatkan Kesigapan Personel, Angkasa Pura I Gelar Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat

Waktu Baca : 3 menit
LATIHAN – Meski diguyur hujan, para personel tetap melakukan latihan PKD ke- 106. Bertujuan melatih dan menguji kemampuan dan kesigapan seluruh personel ketika terjadi suatu keadaan darurat di bandara 

Banjarbaruklik – PT Angkasa Pura I (Persero) melaksanakan Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) ke – 106, di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin, Kamis (30/1) sore.

Meskipun diguyur hujan, para personil tetap bersemangat melakukan latihan PKD. Terlihat pada pantauan Wartawan Banjarbaruklik di lapangan.

Read More

Direktur Operasi Angkasa Pura I, Wendo Asrul Rose mengatakan, latihan PKD ini bertujuan untuk melatih dan menguji kemampuan dan kesigapan seluruh personel ketika terjadi suatu keadaan darurat di bandara.

Dengan mengusung tema wujudkan semangat pelayanan kebandaraan beskala global, dalam aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan terbaik.

“Pelaksanaan latihan PKD sesuai dengan tema yang diangkat. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, fungsi koordinasi, komunikasi, komando, serta sinkronisasi antar unit dan instansi,” ujarnya kepada Poros Kalimantan.

Dia menerangkan pada kegiatan ini, para pegawai dilatih dan diuji sesuai dengan dokumen Penanggulangan Keadaan Darurat Bandar Udara, Dokumen Program Keamanan Bandar Udara. Serta Standard Operating Procedure (SOP) yang berlaku di bandara.

Latihan PKD ini terdiri dari tiga rangkaian kegiatan simulasi, yaitu latihan terkait penanganan ancaman keamanan bandara (Aviation Security Exercise). Lalu latihan terkait penanganan kebakaran dan latihan terkait penanganan kecelakaan pesawat udara (Aircraft Accident Exercise).

Dalam Domestic Fire Exercise, dilakukan simulasi kebakaran yang terjadi pada bus penumpang yang sedang menuju area parking stand.

“Sedangkan untuk simulasi Airport Security Exercise kesigapan personel, diuji dalam penanganan kondisi darurat seperti ancamam bom atau aksi teror,” paparnya.

Diterangkannya, pada latihan Aircraft Accident Exercise, disimulasikan pesawat Meratus Air yang berjenis Boeing 737-900 ER (PK-MRT) mengalami kegagalan pada saat Landing. Hingga pesawat terhempas ke selatan runway Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Dalam skenario ini digambarkan pula dari jumlah 192 penumpang dan 8 kru pesawat Meratus Air, sebanyak 20 orang korban meninggal dunia, 20 orang mengalami luka berat, 60 orang mengalami luka sedang dan luka ringan sebanyak 100 orang.

KETERANGAN – Direktur Operasi Angkasa Pura I, Wendo Asrul Rose memberikan keterangan kepada puluhan awak media.

“Suasana simulasi dalam setiap latihan dirancang sedemikian rupa mendekati kondisi nyata, dimana korban jiwa, korban luka, api, dan semua kondisi darurat yang terjadi ditangani sesuai dengan pedoman yang tertuang di dalam Airport Emergency Plan (AEP) dan Airport Security Programme (ASP),” bebernya.

Dalam latihan PKD ini juga dilakukan penanganan pasca kejadian, misalnya penanganan terhadap keluarga korban melalui simulasi greeters and meeters. Serta penanganan terhadap media melalui simulasi kegiatan media handling.

“Secara keseluruhan kegiatan latihan PKD ini tidak mengganggu jalannya operasional dan layanan di Bandara Internasional Syamsudin Noor,” tambahnya.

Selain melalui latihan rutin PKD, Angkasa Pura I selalu berupaya meningkatkan standar keamanan untuk mewujudkan World Class Airport Company. Dengan melakukan evaluasi keselamatan dan keamanan bandara secara periodik melalui program APEX in Safety di enam bandara dan APEX in Security di lima bandara. Dengan melibatkan lembaga Airport Council International dan tim auditor yang berasal dari manajemen bandara-bandara terbaik di dunia.

Atas komitmen ini juga di tahun 2019, empat bandara Angkasa Pura I menerima penghargaan Zero Accident dari Kementerian Ketenagakerjaan RI. Diantaranya, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.(ari/zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *