Banjir Kembali Melanda Pemukiman Warga di Kertak Baru dan Basung Cempaka

Waktu Baca : 3 menit
BANJIR – Musibah Banjir kembali terjadi di pemukiman warga di Kertak Baru RT 22 dan di Basung Kecamatan Cempaka, Senin (17/2) malam. Dua wilayah ini memang berat di dekat bantaran su hai di Cempaka. 

Banjarbaruklik – Hujan deras dengan intensitas tinggi mengakibatkan  Banjir kembali terjadi, di beberapa Rukun Tetangga di Kertak baru dan Basung Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru, Senin (18/2) malam.

Berdasarkan informasi dari warga Cempaka, air mulai memasuki rumah warga pada malam hari, sekitar pukul 20.00 Wita. Ketinggian air bervariasi, bahkan ada sampai pinggang orang dewasa. Antara 15 sentimeter sampai 50 sentimeter.

Read More

Banjir yang melanda Kampung Kertak Baru dan Basung Cempaka ini juga sempat membuat warga kaget. Tidak hanya merendam badan jalan, air juga memasuki rumah warga.

“Banjir memasuki rumah sekitar pukul 20.00 Wita, karena hujan dari sore sampai malam tadi. Kami mulai mengevaluasi barang-barang agar tidak tergenang banjir,” ungkap warga Cempaka Adi kepada Banjarbaruklik.

Dia menjelaskan, air terus bertambah tinggi saat hujan deras terjadi di Kota Banjarbaru. Kejadian ini berulang, seperti dua kali banjir sejak awal tahun 2020 kemarin.

Warga menduga selain intensitas hujan yang tinggi, Banjir terjadi karena Meluapnya air dari Sungai yang berada di  Kecamatan Cempaka. Serta terjadinya pendangkalan Sungai dan tidak berfungsinya embung milik Pemko Banjarbaru.

“Seharusnya Pemerintah bisa mengantisipasi, karena banjir dalam dua bulan ini sudah tiga kali melanda Kecamatan Cempaka,” harapnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Banjarbaru, Zaini membenarkan terjait musibah banjir yang kembali datang melanda pemukiman warga di Kecamatan Cempaka ini.

“Iya,” jawabnya singkat saat di hubungi melalui sambungan telepon, Senin (17/2) malam.

Saat ditanya terkait, brpa RT dan Kepala Keluarga yang terdampak. Selain itu apakah BPBD sudah mendirikan tenda dan dapur umum di dekat pemukiman yang banjir, Zaini tidak menjawab pertanyaan Banjarbaruklik.

Sampai berita ini diturunkan, kondisi Banjir di Kecamatan Cempaka mulai surut.(zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *