Cakupan Layanan Semakin Luas, Pelanggan PDAM Intan Banjar Capai 90 Ribu

Cakupan Layanan Semakin Luas, Pelanggan PDAM Intan Banjar Capai 90 Ribu

February 11, 2020

FOTO BERSAMA: Penyerta modal, Badan Pengawas dan Direksi PDAM Intan Banjar foto bersama usai RUPM.



Banjarbaruklik – Pada tahun 2019 kemarin PDAM Intan Banjar Mencatatkan kinerja yang Positiif. Berdasarkan penilaian dari Badan Peningkatan Penyelengaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) kinerja PDAM masuk kategori sehat. Sedangkan, berdasarkan Kepmendagri kinerja PDAM intan Banjar ini dinyatakan baik.

Kemudian dari segi keuangan, berdasar pada hasil audit dari Kantor Akuntan Publik (KAP) tertanggal 23 Januari 2020 lalu, PDAM Intan Banjar raih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Direktur Utama PDAM Intan Banjar Syaiful Anwar mengungkapkan bahwa capaian ini tidak lepas dari peran serta semua pihak. Terutama Kepala Daerah, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Bupati Banjar H Khalilurrahman dan juga Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani selaku penyerta modal.

Wawancara: Dirut PDAM Intan Banjar Syaiful Anwar saat diwawancarai awak media.

Adanya penyertaan modal dari Pemerintah Daerah ini mampu membuat PDAM Intan Banjar dapat semakin berkembang. Hal ini bisa dilihat dari jumlah pelanggan di tahun 2019. Per Desember 2019 tadi, pelanggan PDAM Intan Banjar sudah mencapai 90.703 Sambungan Rumah (SR). Meningkat dari tahun 2018 lalu yang masih di angka 84.403.

“Alhamdulillah, jaringan dan cakupan PDAM Intan Banjar sekarang semakin luas. Per Desember 2019 tadi, cakupan layanan sudah mencapai 66 persen. Ada peningkatan sekitar 3 persen dari tahun 2018 lalu. Ini membuktikan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap PDAM Intan Banjar meningkat,” ujarnya, Minggu (9/2),

Di tahun 2019 kemarin, PDAM Intan Banjar mencatatkan laba bersih senilai Rp4,4 miliar. Angka ini meningkat dibandingkan laba tahun 2018 lalu yakni Rp4,1 miliar. Peningkatan laba ini salah satunya lantaran meningkatnya persentasi efektivitas penagihan yang mencapai 95,12 persen.

“Di tahun 2019 tadi ada peningkatan laba dibandingkan tahun 2018. Kami mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan semua pihak yang telah mendukung PDAM Intan Banjar sehingga semakin berkembang,” ucapnya.

Rapat Umum Penyertaan Modal (RUPM) sendiri sudah digelar akhir Januari silam. Melihat capaian yang dipaparkan Dirut PDAM Intan Banjar, Bupati Banjar H Khalillurrahman mengatakan, Pemkab Banjar akan terus mendukung PDAM Intan agar dapat semakin berkembang menjadi lebih baik lagi, mengingat air merupakan kebutuhan paling utama makhluk hidup, khususnya bagi manusia.

MENERIMA: Penyerta modal menerima laporan pertanggungjawaban pengelolaan dan pengembangan PDAM Intan Banjar tahun 2019 pada Rapat Umum Penyertaan Modal (RUPM).

Guru Khalil pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga besar PDAM Intan Banjar yang telah mengabdi penuh dalam menyediakan kebutuhan air bersih. “Pemkab Banjar menyatakan akan memberikan dukungan dan melanjutkan investasi dari APBD agar PDAM dapat terus berkembang dan maju,” pungkasnya.

Terpisah, Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani menyebut, Pemko Banjarbaru memiliki komitmen untuk terus mendukung perencanaan kerja PDAM Intan Banjar ke depan. Dari hasil RUPM akhir Januari tadi, semua penyerta modal menyatakan puas dengan kinerja PDAM Intan Banjar.(*)