HPN 2020 Kalsel, Presiden Jokowi Akan Resmikan Hutan Pers Pertama di Indonesia

HPN 2020 Kalsel, Presiden Jokowi Akan Resmikan Hutan Pers Pertama di Indonesia

February 06, 2020

PRESIDEN JOKOWI (Istimewa)


Banjarbaruklik - Perayaan puncak Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 di Kalimantan Selatan, Presiden RI, Joko Widodo direncanakan akan melakukan penanaman, sekaligus meresmikan Hutan Pers di kawasan Setdaprov Kalsel, Sabtu (8/2) pagi nanti.

"Pak presiden berkenan meresmikan hutan pers dan taman hujan tropis Indonesia. Jadi, ada dua prasasti yang akan ditanda tangani presiden pada saat yang bersamaan" ujar Kepala Dinas Kehutanan Kasel, Hanif Faishal Nurrofiq kepada Banjarbaruklik.com, Kamis (6/2) siang.

Untuk tanamannya sendiri, dijelaskan Hanif khusus tanaman endemik Indonesia. Serta merupakan tanaman khas Kalimantan Selatan.

"Nama tanaman yang akan ditanam oleh Presiden adalah Mersawa tanaman dengan famili (dipterocarpacae) atau meranti-merantian. Tanaman tersebut adalah tanaman khas Kalimantan Selatan," terangnya.

AKAN DITANAM - Pohon mersawa yang akan ditanaman oleh Presiden Joko Widodo saat Hari Pers Nasional di Kalimantan Selatan 2020 ini.


Dijelaskannya, tanaman ini sudah disiapkan khusus untuk Presiden Joko Widodo. Dimana tanaman Mersawa ini sudah berumur kurang lebih 20 tahun.

"Umur tanaman ini termasuk tua, diperkirakan bisa mencapai umur 200 sampai  300 tahun. Dimana nantinya bisa mencapai tinggi sampai 50 meter lebih," rincinya.

Hanif berharap, Pohon Mersawa nantinya dapat menjadi ciri khas di Hutan Pers Kalsel.

"Untuk Hutan Pers sendiri hanya ada satu di Indonesia, yang berada di Kalsel kota Banjarbaru ini," tutupnya.(BK-03)