Jokowi Tanam Pohon Mersawa di Puncak Acara Hari Pers Nasional

Waktu Baca : 2 menit



Banjarbaruklik – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada Sabtu (8/2/2020) meresmikan Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia dan Hutan Pers Taman Spesies Endemik Indonesia sekaligus peluncuran Kebun Bibit Desa (KBD) di Komplek Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Kegiatan peresmian ini adalah sebagai permulaan dari kegiatan pembangunan KBD di Kalimantan Selatan.

Peresmian Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia dan Hutan Pers Taman Spesies Endemik Indonesia termasuk dalam rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020. Kegiatan ini dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, beberapa jajaran menteri kabinet Indonesia Maju, Gubernur Kalimantan Selatan, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) seluruh Indonesia. Turut hadir pula jajaran Pimpinan Tinggi KLHK, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) KLHK di Kalimantan Selatan, kelompok tani KBD, tokoh masyarakat, pelajar, serta para pemerhati kehutanan.

Read More

Dalam acara peresmian tersebut, presiden juga melakukan penanaman pohon Mersawa  (Anisoptera marginata Korth.). Selain presiden, perwakilan PWI dari berbagai regional juga melakukan penanaman pohon endemik dari wilayah mereka, yang dibawa langsung oleh masing-masing perwakilan.

Kadishut Prov Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq menjelaskan saat diwawancara awak media mengatakan bahwa pohon tersebut merupakan jenis endemik asli Kalimantan. “Pohon Mersawa ini merupakan pohon dari dataran kalimantan, dan tumbuh tinggi pohon ini bisa mencapai lima puluh hingga enam puluh meter, bahkan lebih,” terang Hanif.

Sebelum  meninggalkan lokasi acara peresmian untuk menuju puncak acara HPN, presiden menerima buku “The Wonderful South Kalimantan Forest” yang diserahkan langsung oleh Kadishut Prov Kalsel. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *