5 Tips Mencuci Pakaian Agar Terhindar dari Virus Corona Covid-19

5 Tips Mencuci Pakaian Agar Terhindar dari Virus Corona Covid-19

March 21, 2020

Waspada Corona di Indonesia


Banjarbaruklik - Kasus virus corona COVID-19 kian meningkat di sejumlah negara. Orang-orang pun melakukan berbagai cara untuk dapat melindungi diri mereka.

Mencuci tangan merupakan metode yang paling efektif untuk menghindari dari virus tersebut. Selain mencuci tangan, penggunaan masker pun menjadi pilihan.

Penjualan hand sanitizer antibakteri pun kian meningkat. Namun, tidak berhenti sampai di situ untuk menghindari diri dari ancaman kuman, pakaian dan handuk anda pun harus dibersihkan.

Itulah sebabnya mengapa mencuci pakaian lebih sering dari biasanya dan mengambil langkah-langkah ekstra dapat menghentikan bakteri untuk berkembang biak.

Para ahli memperingatkan bahwa hanya mencuci pakaian anda di "pencucian 30 derajat" tidak cukup untuk membunuh virus.

CEO Laundryheap Deyan Dimitrov membagikan tips terbaiknya tentang bagaimana cara mencuci pakaian untuk memastikan Anda membuang virus corona COVID-19, seperti dilansir dari The Sun.

1. Gunakan Suhu Tinggi Saat Mencuci




Semakin tinggi suhu pakaian Anda saat dicuci, semakin besar kemungkinan akan membunuh tanda-tanda Covid-19. Deyan mengatakan sebagian besar dari virus tidak akan bertahan dalam suhu lebih dari 60C.

Anda dapat memilih barang yang jarang dicuci, barang ini tentu tempat bersarangnya kuman, seperti contohnya handuk teh, selimut, handuk mandi, sarung tangan, dan syal.  Deyan merekomendasikan agar barang-barang tersebut lebih sering dicuci.

2. Ambil langkah ekstra




Ada beberapa langkah ekstra yang dapat Anda lakukan agar dapat memaksimalkan peluang menangkis COVID-19 saat mencuci pakaian. Deyan mencatat bahwa panas ekstrem dan suhu beku dapat menghentikan perkembangbiakan bakteri.

Jadi saat mencuci pakaian, ambil langkah ekstra dan taruh barang-barang yang sudah dicuci tersebut ke dalam mesin pengering selama 20 menit untuk menambah panas dan membunuh kuman. Untuk benda-benda yang terlalu lembut untuk dicuci dengan suhu panas, pertimbangkan untuk membersihkannya secara menyeluruh.

3. Bersihkan Mesin Cuci Anda




Mesin cuci mungkin menjadi penyelamat kita dalam membersihkan pakaian, tetapi mesin cucui juga harus didesinfeksi.  Banyak yang mengabaikan kebersihan mesin cuci, padahal ini sama pentingnya.

Dalam mesin cuci terdapat banyak kotoran dan debu sehingga tentu perlu dibersihkan. Salah satunya adalah dengan menuangkan cuka putih, Selain itu Anda dapat mencuci mesin dengan temperatur panas 60C. "Cobalah ini setiap bulan agar bebas dari tumpukan sabun, jamur, dan bakteri," kata Deyan.

4. Tentukan Takaran yang Pas pada Deterjen Anda




Anda mungkin berpikir dengan menggunakan deterjen ekstra dapat menghasilkan daya pembersihan yang ekstra, tetapi hal itu dapat menjadi kontra-produktif.

Deyan mengatakan, "Terlalu banyak deterjen menciptakan busa sabun ekstra yang akan melekat pada cucian Anda dan malah menjebak kotoran di sana, daripada mengangkatnya."

Oleh karena itu, gunakan takaran yang direkomendasikan, berikan cuka putih pada pakaian yang lembut. Tambahkan ½ cangkir ke laci mesin cuci saat pembilasan. Anda dapat menambahkan beberapa minyak esensial, setelah menambahkan pengharum."

5. Disinfeksi secara efektif




Jika Anda berbagi rumah dengan seseorang, pastikan semua pakaian anda dibersihkan setelah mereka. Usahakan untuk mendisinfeksi dengan cepat dan efektif .

"Bersihkan semua tempat tidur dan pakaian dengan sarung tangan karet dan segera cuci, jangan biarkan semuanya menumpuk di keranjang." ujar Deyan seperti dikutip di liputan6.com.(*)