Cegah Corona, Sebelum Salat Jumat Masjid At Taqwa Disemprot Disinfektan

Cegah Corona, Sebelum Salat Jumat Masjid At Taqwa Disemprot Disinfektan

March 21, 2020

LAKUKAN DISINFEKSI - Masjid At Taqwa Banjarbaru II Kelurahan Komet Banjarbaru Utara, Jumat (20/3) pagi tadi dilakukan penyemprotan disinfektan.


Banjarbaruklik – Masjid At Taqwa Banjarbaru II Kelurahan Komet Banjarbaru Utara, Jumat (20/3) pagi tadi dilakukan penyemprotan disinfektan. Adanya penyemprotan ini praktis membuat nyaman dan tenang jemaah yang biasanya salat atau beribadah di masjid yang berlokasi di Jl Serai RT 01 RW 02.

Nah menariknya, penyemprotan kali ini dilakukan langsung oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Intan Banjar setelah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru dan juga Badan Pengelola Masjid At Taqwa Banjarbaru.

Diungkapkan Ketua Yayasan Masjid At Taqwa Rudy Rahmana. Ia mengaku bersyukur atas kepedulian dan juga partisipasi PDAM Intan Banjar melakukan disinfeksasi. “Alhamdulillah. Jemaah tentunya akan merasa tenang ketika beribadah di Masjid At Taqwa,” ujarnya.

Saat ini semuanya waspada dengan Virus Corona (Covid-19). Namun sesuai himbauan Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani, pengurus masjid tetap melaksanakan kegiatan salat dan melakukan penyemprotan disinfektan.

Secara terpisah Direktur Utama PDAM Intan Banjar Syaiful Anwar mengungkapkan, sesuai surat edaran imbauan Gubernur Kalsel, Bupati Banjar dan Walikota Banjarbaru, perusahaan yang ia pimpin tersebut sudah melakukan disinfeksasi seluruh ruangan. Baik di kantor pusat maupun di cabang.

“Kita sudah melakukan penyemprotan disinfektan. Terutama di ruang pelayanan terpadu,” pungkasnya didampingi Kabag Sekretariat dan IT PDAM Intan Banjar Nedy Faderiyanie.

Terkait disinfeksasi yang dilakukan di Masjid At Taqwa Banjarbaru. Kegiatan ini ungkap Syaiful, merupakan bentuk partisipasi dan kepedulian PDAM Intan Banjar dalam pencegahan merebaknya Virus Corona (Covid-19). Namun sebelum melakukan penyemprotan, tentunya harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan SKPD terkait.

“Kamis (19/3) tadi kita koordinasi ke Dinkes. Ternyata memang sudah ada programnya. Namun karena keterbatasan alat, kita lakukan secara mandiri. Kebetulan kita punya alat dan bahan disinfektannya,” ujar Neddy.

Penyemprotan ini tambah Neddy bakal dilakukan secara rutin. Baik di kantor pelayanan maupun di Masjid At Taqwa yang lokasinya juga berdekatan dengan PDAM Intan Banjar. “Rekomendasi dari pengurus dilakukan setiap minggu. Pasti akan kita usahakan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Jumat (20/3) tadi Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani memposting imbauannya via Facebook. Ia mengimbau kepada pengelola masjid, musala, gereja dan tempat ibadah lainnya di Kota Banjarbaru untuk berpartisipasi aktif dalam menangani dan mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Caranya dengan menjaga kebersihan dan menyampaikan informasi kepada jamaah tentang bahaya Virus Corona (Covid 19) serta bagaimana upaya untuk menanganinya. Informasi ini bisa disampaikan sebelum pelaksanaan Salat Jumat di masjid-masjid, setelah pelaksanaan salat di musala dan sebelum atau setelah pelaksanaan ibadah di gereja atau tempat ibadah lainnya.

“Mari saling mengingatkan, karena upaya menangani penyebaran virus corona ini memerlukan kesadaran, kebersamaan dan saling pengertian antara kita semua,” ujarnya. (*)