Pencegahan Virus Corona, Banjarbaru Belum Punya APD Lengkap Untuk Tenaga Kesehatan

Pencegahan Virus Corona, Banjarbaru Belum Punya APD Lengkap Untuk Tenaga Kesehatan

March 23, 2020

ILUSTRASI - Alat Pelindung Diri Lengkap (APD)


Banjarbaruklik - Pencegahan dan penanganan pandemi Virus Corona (Covid-19) terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Banjarbaru. Hanya saja pencegahan ini tidak sejalan dengan ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, bagi petugas Kesehatan di Kota Banjarbaru.

Hal ini diketahui, saat Kepala Dinas Kesehatan Banjarbaru, Rizani Mirza dimintai keterangan oleh Banjarbaruklik, senin (23/3) siang.

Dia menjelaskan, Alat Pelindung Diri (APD) lengkap sampai saat ini pihaknya belum punya satu pun. Sedangkan untuk RSD Idaman sampai saat ini masih diusahakan untuk pengadaan ADP lengkapnya.

BERI KETERANGAN - Kepala Dinas Kesehatan Banjarbaru, Rizani Mirza memberikan keterangan kepada Banjarbaruklik.


"Kami sudah mohon bantuan dari provinsi untuk dapat mensuply bahan bahan Alat Pelindung Diri (APD) ini. Agar bisa dibantu untuk Kota Banjarbaru dan semua daerah di Kalsel," tambahnya

Dia menjelaskan, yang pihaknya siapkan saat ini untuk APD ini sudah pihaknya pesan. Hanya saja saat ini ketersediannya memang masih kosong.

"Sedangkan untuk masker memang stoknya sangat terbatas, tetapi untuk beberapa hari ini untuk kawan-kawan puskesmas masih mencukupi. Tapi untuk satu bulan kedepan belum tau jumlah ketersediannya bagaimana," terangnya.

Dia menjelaskan, untuk upaya-upaya pencegahan dan penanganan Virus Corona (Covid-19), pihaknya lakukan sudah kita ada sosialisasi. Baik mencetak brosur, baliho, kemudian juga mengadakan sosialisasi langsung ke masyarakat.

"Selain itu di Puskesmas-Puskesmas di seluruh Kecamatan di Kota Banjarbaru, selain memberikan pelayanan, juga ada  sosialisasi pencegahan dan penanganan Virus Corona (Covid-19) ini," terangnya.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan menyemprotan disinfektan di lokasi-lokasi pelayanan publik.(BK-03/zai)