Wawali Pimpin Rapat Koordinasi Camat dan Lurah se- Kota Banjarbaru

Waktu Baca : 2 menit
RAPAT KOORDINASI – Wakil Walikota Banjarbaru, H Darmawan Jaya Setiawan memimpin rapat koordinasi bersama seluruh Camat dan Lurah di Kota Banjarbaru.

Banjarbaruklik – Wakil Walikota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan  memimpin secara langsung Rapat Koordinasi Camat dan Lurah se- Kota Banjarbaru yang diadakan di Di Aula BAPPEDA Pemko Banjarbaru, Rabu (11/3) lalu.

Kegiatan yang menghadirkan Kepala SKPD serta seluruh camat dan lurah di Kota Banjarbaru ini, membahas secara spesifik terkait perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan DAU tambahan untuk Dana Kelurahan tahun 2020.

Read More

Dimana untuk Kota Banjarbaru pelaksanaan penggunaan Dana Kelurahan melibatkan kelompok masyarakat dan atau organisasi kemasyarakatan, melalui pola swakelola.

Untuk kegiatan yang diperbolehkan menggunakan Dana Kelurahan, mulai dari pembangunan sarana prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan.

Sedangkan untuk penyaluran dana alokasi umum tambahan, dilaksanakan secara dua tahap. Tahap I paling cepat bulan Januari dan paling lambat bulan mei. Tahap II paling cepat bulan Maret dan paling lambat bulan Agustus. 

Wakil Walikota Banjarbaru, H Darmawan Jaya Setiawan menyampaikan, kegiatan ini membahas evaluasi dana Kelurahan tahun 2019. Serta pembahasan spesifik terkait perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan di tahun 2020 ini.

“Kegiatan pembangunan sarana prasarana kelurahan, digunakan untuk membiayai pelayanan sosial dasar, yang berdampak langsung pada meningkatnya kualitas hidup masyarakat. Meliputi pengadaan, pembangunan, pengembangan, pemeliharaan sarana prasarana lingkungan pemukiman, transportasi, kesehatan, pendidikan dan kebudayaan,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, Dana kelurahan yang alokasinya untuk kegiatan Pemberdayaan Masyarakat di kelurahan, digunakan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas masyarakat di kelurahan. Dengan mendayagunakan potensi san sumber daya.

Mulai dari pengelolaan kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat, pendidikan dan kebudayaan, usaha mikro kecil dan menengah, lembaga kemasyarakatan, kegiatan ketentraman ketertiban umum dan perlindungan masyarakat. Serta penguatan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana serta kejadian luar biasa lainnya.

Saya mengharapkan, dengan hal ini mampu berdampak baik bagi kesejahteraan masyarakat yang ada di Kota Banjarbaru. Juga bisa menyelesaikan sarana prasarana publik yang berdampak langsung pada meningkatnya kualitas hidup masyarakat. Sehingga menjadikan Kota Banjarbaru akan lebih baik lagi,” tutupnya.(*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *