Mahasiswa Teknik Mesin ULM Buat Face Shield untuk Tenaga Medis

Waktu Baca : 3 menit
Foto bersama pembagian Faceshield di Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru

Banjarbaruklik – Di tengah mewabahnya pandemi COVID-19 secara global dan khususnya di Kota Banjarbaru, serta minimnya persediaan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis maka dari itu mahasiswa Teknik ULM berinisiatif untuk membantu dengan membuat Face Shield bagi tenaga medis di Kota Banjarbaru. Jumat, (24/4).

Hansen, Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin mengatakan bahwa mereka telah menyerahkan 225 buah Face Shield dalam waktu dua hari di beberapa Instansi di Kota Banjarbaru.

Read More

“Face Shield tersebut di desain dan dirancang sedemikian rupa dengan memperhatikan standar medis dan pemakaian yang mudah. Dengan memadukan ilmu medis dan dunia teknik, kami merancang masker tersebut terlebih dahulu menggunakan Aplikasi Autodesk Inventor 3D yang dilakukan Mahasiswa Teknik Mesin ULM” ujar Hansen.

Penampakan Faceshield buatan Mahasiswa teknik mesin ulm

Menurutnya, Salah satu kelebihan Face Shield ini ialah yang pertama dari harga terjangkau, cukup dengan Rp 7.000,- per buah, yang mana Face Shield ini lebih murah dan bagus dibandingkan yang dijual di Toko Online, selain itu Face Shield ini tidak berembun, tahan dari percikan droplet, dan dapat digunakan 4 sampai 5 kali dengan syarat harus distrerilkan.

Face Shield ini telah dibagikan untuk tenaga medis di Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru sebanyak 100 buah, Apotek Perintis 5 buah, Puskesmas Kota Banjarbaru Utara 25 buah, Puskesmas Serongga 25 buah, dan Komunitas Aksi Sosial 70 buah.

Dengan menggunakan dana Pengabdian Masyarakat dari Program Studi Teknik Mesin, pembagian face shield ini murni inisiatif aksi Mahasiswa Teknik mesin ULM.

Proses pembuatan Faceshield mahasiswa Teknik Mesin ULM

Hal tersebut dlakukan sebagai bentuk Program Pengabdian Masyarakat yang tertuang di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi

Ia berharap kegiatan ini dapat menginspirasi Perguruan Tinggi lainnya yang ada di Kalimantan, khususnya Kalimantan Selatan agar turut membantu dalam menangani wabah Covid-19 ini.(rev)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *