Ternyata Hewan ini Juga Bisa Dijadikan Media Terapi Anak Berkebutuhan Khusus, Begini Penjelasannya

Waktu Baca : 2 menit
TERAPI UNIK – Metode terapi unik dengan menggunakan media terapis seekor hewan

Banjarbaruklik – Berbagai cara ditempuh untuk mengurangi gejala atau menyembuhkan suatu penyakit. Biasanya, terapi dilakukan seorang ahli, baik itu dokter, atau profesi terapis lainnya. Namun, bagaimana jika media terapisnya adalah seekor hewan, yakni Kelinci?


Pulaih, salah seorang pencinta hewan mamalia ini yang sudah menggeluti usahanya puluhan tahun kepada Banjarbaruklik.com mengungkapkan, bahwa Kelinci selain sebagai hewan peliharaan ternyata bisa dijadikan media terapi untuk anak berkebutuhan khusus. 

“Ya, Ini bisa sebagai media terapi untuk anak berkebutuhan khusus, dimana hal tersebut dapat merangsang syaraf motorik dan melihat kepekaan mereka terhadap sekitar apabila didekatkan dengan hewan mamalia tersebut,” terangnya, Rabu (22/4).


Dengan adanya media terapi ini, anak tersebut dapat melihat, meraba, merasakan dan sejauh mana perkembangan respectnya.

Saat ditanya Banjarbaruklik.com berapa lama proses itu dapat terlihat terhadap anak berkebutuhan khusus?, ia mengatakan, hanya beberapa jam saja sudah terlihat prilaku anak tersebut bagaimana. 

“Ya paling tidak sekitar 2 atau 3 jam saja sudah terlihat, apakah anak itu akan bosan, cuek, bersemangat, selalu ingin tau, agresif ataupun langsung berubah prilakunya dari kebiasaan harian. Nah, disini lah peran penting orang tua yang harus lebih jeli agar tumbuh kembang si anak itu bisa stabil, serta mandiri kedepanya,” jelas Pulaih.

Diterangkannya, ini sudah terbukti terhadap anak dan anak temannya. Perlu diingat “Media Terapi” artinya yang bisa menambah referensi tentang anak, sehingga kita bisa memilah yang mana keahlian si anak tersebut terfokus, bukan untuk menyembuhkan, tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *