Bantuan Sosial Untuk Masyarakat, Siap Disalurkan Pemko Banjarbaru -->

Bantuan Sosial Untuk Masyarakat, Siap Disalurkan Pemko Banjarbaru

May 15, 2020

ILUSTRASI - Bantuan Sosial

Banjarbaruklik - Dalam pelaksanaan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Banjarbaru. Pemerintah Kota Banjarbaru akan memberikan bantuan sosial, terhadap warga terdampak Covid-19.

Momentum PSBB di Banjarbaru dan Kabupaten Banjar dirasa sangat kondusif, karena ketika PSBB hari sabtu (16/5) pukul 00.01 dilaksanakan sudah teraelurkan bantuan dari Kementerian Sosial ini.

"Sudah dilaksanakan bantuan sosial tunai (BST) dari Kemensos sejak senin (11/5) lalu. Insha Allah mudahan hari ini (Jumat -red) beberapa hari kedepan menyerahkan bantuan sosial, yang bersumber dari APBD Kota Banjarbaru yang didukung Provinsi," ujar Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan.

Ia mengharapkan psikologis masyarakat bisa lebih tenang. Sehingga ketika ada pengaturan saat PSBB, masyarakat menjadi patuh terhadap imbauan dan larangan dari pemerintah.

"Rencana hari ini kurang lebih 9.475 KK yang bersumber dari dana APBD Kota dan APBD Provinsi akan disalurkan. Kemudian, yang sudah tersalurkan dari BST Kemensos sekitar 10.919 KK. Jadi, ada sekitar 20 ribu KK lebih yang dapat bantuan,"jelasnya.

Selain itu tambahnya, ada juga bantuan sembako kepada 7 ribu masyarakat, Program Keluarga Harapan (PKH) Kemensos RI. Sehingga jika ditotal ada sekitar 27 ribu KK mendapat bantuan, yang sumbernya dari APBN, APBD Kota dan Provinsi.

"Jumlah rumah tangga di Banjarbaru 71 ribu KK. Kalau dipersentasikan kurang lebih hampir 40 persen warga yang sudah tersentuh bantuan. Mudah-mudahan ini memudahkan kita untuk menjalankan PSBB dan tercapai tujuan dari PSBB yang kita laksanakan," pungkasnya.(adl/zai)