Jelang PSBB Banjarbaru, Aparat Gabungan Gelar Simulasi

Jelang PSBB Banjarbaru, Aparat Gabungan Gelar Simulasi

May 15, 2020

BERI KETERANGAN - Wawali Banjarbaru, Darmawan Jaya Setiawan memberikan keterangan, usai simulasi dengan Tactical Floor Game (TGF) di lapangan Mapolres Banjarbaru, Jumat (15/5) tadi.


Banjarbaruklik - Penerapan Lembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kota Banjarbaru tinggal menunggu jam saja. Pasalnya pada Sabtu (16/5) dini hari sekitar pukul 00.00 WITA, PSBB Banjarbaru resmi di gelar.

Dalam rangka pelaksanaan PSBB, aparat gabungan dari Pemko Banjarbaru, Polres Banjarbaru, Polres Banjar dan Kodim 1006 Martapura, melakukan simulasi dengan Tactical Floor Game (TFG) di lapangan Mapolres Banjarbaru, Jumat (15/5) tadi.

TGF ini dihadiri langsung oleh Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan, Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso, Dandim Martapura Letkol Arm Siswo Budiarti.

"Hari ini kita simulasi untuk pelaksanaan PSBB bersama, khususnya Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar. Dengan melibatkan unsur-unsur TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan masyarakat," ujar Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan.

Dirinya mengaku bersyukur bahwa persiapan pelaksanaan PSBB sudah sangat cukup baik. Diman nanti totalnya akan ada ada 12 pos pengecekan dan pemantauan.

Dimana rindinnya, di wilayah hukum Polres Banjar ada 4 pos, yang diwilayah hukum Polres Banjarbaru ada 5 pos
 Serta ada pos pemantauan bersama di 3 titik antara perbatasan Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.



"Kita bersyukur bahwa kegiatan PSBB bersama ini menghasilkan suatu sinergi yang sangat baik. Serta memberikan harapan optimisme, karena kita lihat semangat dan persepsi yang sama, untuk menghadapi persoalan pandemi Covid-19 ini," terangnya.

Dirinya juga yakin, pelaksanan PSBB ini nantinya akan berdampak positif.
Serta bisa memutus rantai penyebaran, ataupun penurunan jumlah orang yang positif Virus Corona (Covid-19).

Diakuinya, kasus di Kita Banjarbaru cenderung menurun. Dari 26 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, ada 15 orang yang sembuh. Dimana 11 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 lainnya, maaib proses pengobatan.

"Ini momentum yang sangat baik untuk kita menjaga trend yang baik. Tujuan kita adalah tidak terdapat lagi orang yang tertular, serta menambah orang yang sembuh dari Virus Corona ini," harapnya.

Diakuinya, bahwa PSBB ini tujuannya adalah membatasi mobilisasi masyarakat dari luar masuk ke Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

"Harapannya mobilisasi ada penurunan sampai 50 persen. Penurunan mobilisasi masyarakat dari luar ke dalam, ataupun mobilisasi masyarakat di dalam wilayah Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.  Dengan pembatasan jam-jam operasional tempat usaha, yang ada di Banjarbaru dan Kabupaten Banjar," bebernya.(adl/zai)