Pandemi Covid-19, Masjid Al Muhtadien Tiadakan Salat Ied pada Tahun Ini

Waktu Baca : 2 menit
DITIADAKAN – Salat Ied di Masjid Al Muhtadien Kecamatan Liang Anggang, ditiadakan saat Idul Fitri tahun 2020 ini.

Banjarbaruklik – Masjid tertua di Kelurahan landasan Ulin Barat Kecamatan Liang Anggang, Masjid Al Muhtadien sah tidak melaksanakan Salat Idul Fitri 1441 Hijriah, Minggu (24/5) besok.

Hal ini ditegaskan pengurus pengurus Masjid Al Muhtadien, HM Fakhrurruzi saat ditemui Banjarbaruklik, Sabtu (23/5) sore.

Read More

“Salat Ied kami putuskan positif tidak dilaksanakan. Karena kemarin ada Surat Edaran dari Pemerintah Banjarbaru, bahwa untuk Masjid dianjurkan tidak melaksanakan Salat Ied,” ujarnya kepada Banjarbaruklik.

Ditambahkannya, bahwa pengumuman ditiadakannya Salat Ied di Masjid Al Muhtadien ini telah disampaikan pengurus sejak Jumat (22/5) kemarin.

“Jumat (22/5) kemarin sudah kami umumkan kepada jemaah, bahwa masjid Al Muhtadien tidak melaksanakan salat Ied,” tegasnya.

Diterangkannya, banyak pertimbangan apabila tetap dilaksanakan shalat ied di masjid tersebut.

“Masjid ini berlokasi dipinggir jalan, yang mana hal tersebut tentu akan mengundang banyak orang luar yang bukan dari daerah sekitar, yang mungkin akan singgah. Biasanya jika mengadakan Salat Ied itu pasti sampai jalan raya. Sedangkan saat seperti ini tidak diperbolehkan massa berkerumun, jadi banyak pertimbangan. Lebih ditekankan untuk di jalan protokol tidak melaksanakan Salat Ied,” terangnya.

Selain itu jelasnya, sejak awal bulan Ramadan di masjid Al Muhtadien ini sudah tidak melaksanakan kegiatan  seperti salat tarawih dan tadarus.

“Untuk tarawih dan tadarus kami tidak melaksanakan sejak awal Ramadan jadi tidak ada kegiatan,” bebernya.

Dirinya berharap, jemaah dapat mengerti dan bersabar. Untuk tidak memaksakan diri untuk melakukan Salat Ied ditengah pandemi Covid-19 ini.

“Harapan kami semoga pandemi Virus Corona ini cepat berakhir. Jadi kita dapat melaksanakan ibadah dengan tenang. Untuk jemaah diharapkan bersabar saja dulu, jangan memaksakan diri,” pungkasnya.(adl/zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *