Peran TP PKK Kelurahan Mentaos Berdayakan Kaum Wanita

Waktu Baca : 2 menit
BERI KETERANGAN – Ketua TPKK Kecamatan Banjarbaru Utara, Lien Listyawati Khairil Aqli memberi keterangan kepada Banjarbaruklik.

Banjarbaruklik – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Mentaos, menjadi mitra bagi wanita rawan sosial ekonomi, dalam hal ini janda yang tergabung dalam kelompok masyarakat membuat kerajinan dari daur ulang yang menghasilkan uang.

Salah satu kampung tematik yang dimiliki adalah Kampung Iwak, yang didalamnya terdapat pabrik tempe. Dimana menjadi salah satu sumber pendapatan bagi wanita di Kelurahan ini.

Read More

“Dengan memanfaatkan limbah tempe untuk pakan ternak, tentu dirasa sangat bermanfaat bagi kaum wanita. Sehingga tidak perlu membeli pakan untuk ternaknya,” ungkapnya Ketua TPKK Kecamatan Banjarbaru Utara, Lien Listyawati Khairil Aqli

Dia menjelaskan, 10 warga binaan tim PKK Kelurahan Mentaos, yang memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk konsumsi ternak dan tanaman pangan sendiri yang bisa langsung dipetik dipekarangan.

“Selain itu, kolam ikan PKK merupakan pusat pembelajaran pembibitan ikan konsumsitif maupun ikan hias, yang tim penggerak PKK Kelurahan Mentaos miliki. Untuk wahana edukatif mendalami terkaiat ternak ikan,” terangnya.

Pihaknya juga siap mendukung, seluruh program pokok PKK di Kelurahan Mentaos ini.

“Harapan saya kedepannya TPKK Mentaos bisa bersaing ditingkat Nasional dengan produk unggulannya,” ujar Lurah Mentaos, H Ahmad Rifai.

Selain produksi tempe, PKK Mentaos juga menyerap tenaga kerja wanita, untuk pengolahan sasirangan dan sasirangan bordir.(adl/zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *