Yuk Intip, Ini Makanan Terpopuler Saat Lebaran Tiba -->

Yuk Intip, Ini Makanan Terpopuler Saat Lebaran Tiba

May 22, 2020



Banjarbaruklik - Hari Raya Idul Fitri sudah didepan mata, dimana lebaran identik dengan acara kumpul keluarga, baju baru dan saling bermaafan.

Sesuatu yang selalu ada dan paling ditunggu  adalah sajian makanan lebaran selama perayaan Hari Raya Idul Fitri. Menu-menu khas yang hanya muncul saat Hari Raya, sudah pasti membuat banyak orang rindu suasana makan bersama dirumah.

Banjarbaruklik coba merangkum beberapa makanan terpopuler dan paling ditunggu saat lebaran. Bahkan ada yang sangat mudah untuk dibuat dan bisa kamu coba sendiri.


1. Ketupat



Lebaran identik dengan menu yang satu ini, bahkan menjadi ikon perayaan lebaran di Indonesia yaitu ketupat. Makanan yang khas yang terbuat dari beras dan diolah dengan santan ini, terasa begitu gurih dan selalu dirindukan.


Ketupat dibuat dengan dibungkus daun kelapa yang masih muda yang dibentuk seperti wajik paling nikmat disantap dengan sayur dan berbagai lauk.

Kuahnya yang gurih dan ragam potongan sayur membaur dengan sempurna bersama ketupat yang pulen. Walau kamu masih bisa membeli ketupat di beberapa rumah makan setiap hari, rasanya tetap paling afdol menyantap saat lebaran.


2. Opor Ayam



Selain ketupat, opor ayam juga menjadi makanan lebaran yang tidak kalah populer dengan ketupat. Daging ayam yang diolah dengan kuah santan dan campuran kunyit ini direbus cukup lama untuk membuat dagingnya jadi empuk saat akan disantap. Opor ayam juga jadi lauk pendamping yang cocok saat disantap dengan ketupat dan sambal.

Kuah opor ayam penuh cita rasa dengan rempah-rempah khas Indonesia seperti kencur, kunyit, serta cengkeh. Rempah-rempah pada bumbu opor ini membuatnya beraroma khas dan menggugah selera.


3. Rendang




Rendang jadi makanan yang sangat populer bahkan mendunia karena cita rasanya yang khas dan soal rasa tidak perlu diragukan. Panganan asli Padang ini memang tidak bisa dilewatkan saat lebaran. Racikan berbagai macam rempah serta cara memasak yang memakan waktu cukup lama agar daging sapi jadi lembut saat disantap. Tidak heran kalau makanan lebaran ini jadi salah satu menu yang disukai hampir semua orang yang pernah mencicipinya.

Proses memasaknya adalah dengan mengolah santan kelapa berulang-ulang menggunakan bumbu-bumbu pelengkap seperti cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe, dan bawang.

Rasa asin, manis, serta gurih melebur jadi satu cita rasa yang pas di lidah. Begitu nikmatnya rasa rendang, sampai bumbu rendang dengan nasi saja sudah terasa lezat rasanya.


4. Kue Lebaran




Saat berbicara tentang makanan lebaran, tentu kue lebaran tidak pernah ketinggalan dan selalu tersaji serta tertata rapi disetiap meja tamu saat lebaran. Ada banyak sekali kue kering yang identik dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri. Seperti nastar, putri salju, semprit, kastangel, kue kacang, kuker coklat, lidah kucing, cookies, akar pinang, pastel kering dan berbagai macam kuker lainnya.

Itulah beberapa makanan yang sangat populer saat perayaan hari raya idul Fitri di Indonesia versi Banjarbaruklik. Dimana biasa tersaji hampir disetiap rumah pada saat lebaran tiba. Serta menjadi incaran tamu yang bersilaturahmi kerumah. Semoga bermanfaat.(adl/zai)