8 Cara dan Tips Mudah Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

8 Cara dan Tips Mudah Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

June 27, 2020

8 Cara dan Tips Mudah Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami


Banjarbaruklik - Walaupun bukan masalah besar, tapi bekas jerawat di wajah dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan, kamu harus memikirkan risiko-risiko yang akan didapat. Bisa jadi punya efek samping yang memperburuk keadaan wajahmu.

Jangan khawatir, banyak cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan bahan-bahan alami yang pastinya tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kulit kita. Berikut cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan bahan alami, rangkuman Banjarbaruklik.com


1. Putih Telur



Putih telur mengandung enzim lysozome yang dapat memusnahkan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, putih telur juga dapat mengangkat debu dan sel kulit mati sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat dan menghilangkan bekasnya.

Cara membuatnya:
- Siapkan telur, pisahkan putih dengan kuningnya
- Kocok putih telur hingga mengembang
- Oleskan pada bagian berjerawat dan bekasnya
- Biarkan 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

2. Perasan Lemon



Perasan lemon juga menjadi salah satu obat jerawat yang ampuh. Dimana dalam kandungan perasan lemon memiliki sifat mencerahkan kulit, sehingga dapat memudarkan bekasnya lebih cepat.

Cara membuatnya:
- Peraslah lemon lalu celupkan kapas ke dalam airnya.
- Oleskan kapas pada bekas jerawat dan biarkan selama 10 menit. Kemudian bersihkan dengan air.


3. Lidah Buaya



Lidah buaya memiliki kandungan polisakarida dan giberelin yang berfungsi untuk meningkatkan penyembuhan bekas luka, termasuk bekas jerawat. Lidah buaya juga mengandung anti-inflamasi dan antioksidan yang mana zat ini bisa memperbaiki kulit yang rusak.

Caranya, oleskan gel lidah buaya pada bekas jerawat dan biarkan semalaman. Ulang terus setiap hari agar bekas jerawat segera hilang.


4. Madu



Madu merupakan bahan alami yang bisa menghilangkan bekas jerawat. Madu mampu menghilangkan bekas jerawat secara alami juga mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi potensi pembentukan jaringan parut pada luka.

Caranya, oleskan madu ke wajah, diamkan selama 30 menit dan kemudian bersihkan dengan air hangat lalu bilas hingga bersih menggunakan air dingin agar pori-pori wajah kembali tertutup.


5. Tomat



Buah tomat memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan kulit. Tomat bisa menghilangkan bekasnya hanya dalam satu hari saja.

Cara membuatnya:
- Pilih buah tomat yang segar dan sudah matang
- Haluskan tomat dengan menggunakan blender sampai menjadi bubur atau halus.
- Ambil bubur tomat tadi dan aplikasikan pada wajah sebagai masker secara merata
- Biarkan masker tomat di wajah hingga mengering lalu bilas wajah dengan menggunakan air bersih.


6. Kunyit



Bahan alami yang satu ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang bisa mempercepat penyembuhan jaringan perut serta meningkatkan kesehatan kulit.

Cara membuatnya:
- campurkan 1-2 sdt bubuk kunyit dengan perasan air lemon sampai membentuk pasta.
- Oleskan pasta tersebut pada bekas jerawat di wajah.
- Biarkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


7. Minyak Kelapa



Minyak kelapa mengandung antioksidan, vitamin E, dan vitamin K yang dapat memperbaiki dan meningkatkan pertumbuhan jaringan kulit. Minyak kelapa juga memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang mampu mencegah munculnya luka jerawat baru.

Caranya yaitu dengan menggosokkan 1 sdt  ke telapak tangan, usapkan pada seluruh wajah terutama pada bekas jerawat, biarkan semalaman, lalu bersihkan saat pagi hari.


8. Cuka Apel



Cuka apel bersifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi peradangan, bekas jerawat yang memerah, dengan bantuan cuka apel dapat membantu memudarkan bekas jerawat.

Cara membuatnya:
- Campurkan 1 sdm cuka apel, 2 sdm madu, dan air secukupnya.
- Aduk semua bahan tersebut hingga merata - Celupkan kapas pada campuran tersebut
- Oleskan kapas pada bekas jerawat
- Biarkan selama 10-20 menit, lalu cuci menggunakan air bersih.


Itulah informasi mengenai beberapa bahan alami yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat.

Bagi kalian yang ingin merasakan manfaat dari bahan alami tersebut bisa mengaplikasikannya dengan kreasi kalian. Semoga bermanfaat dan informasi ini bisa menambah pengetahuan kalian.(adl/zai)