Harganas 2020, DP2KBP3A Banjarbaru Bakti Sosial Pelayanan KB Gratis

Waktu Baca : 3 menit
Harganas 2020, DP2KBP3A Banjarbaru Bakti Sosial Pelayanan KB Gratis
PANTAU PELAYANAN – Walikota Banjarbaru, Nadjmi Adhani didampingi Ketua TP PKK Banjarbaru, Hj Ririn Nadjmi Adhani memantau pelayanan KB dilapangan.

Banjarbaruklik – Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kota Banjarbaru, menggelar acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27, di Kantor Balai Penyuluh KB Guntung Manggis, Senin (29/6) pagi. Kegiatan ini, diisi bakti sosial pelayanan KB gratis.

Kepala DP2KBP3A Banjarbaru, Hj Mahrina Noor mengatakan, pihaknya menggelar pelayanan KB gratis untuk masyarakat. Layanan ini menjadi bagian dalam program pelayanan kontrasepsi satu juta akseptor yang secara serentak di seluruh Indonesia.

Read More

“Sesuai arahan dari kepala BKKBN pusat, didaerah tidak harus menggelar peringatan Harganas. Tapi kami tetap menggelarnya dengan sederhana. Kami juga ditargetkan untuk ikut serta mensukseskan Rekor MURI satu juta akseptor se- Indonesia,” ungkapnya kepada Banjarbaruklik.

Dia menambahkan, pelayanan KB gratis tersebut diikuti para peserta dengan berbagai jenis pelayanan KB. Antara lain metode kontrasepsi jangka panjang seperti IUD, implant dan vasektomi.

Selain itu, pihaknya juga memberikan pelayanan metode kontrasepsi jangka pendek seperti pil, suntik KB dan kondom.

Harganas 2020, DP2KBP3A Banjarbaru Bakti Sosial Pelayanan KB Gratis
BERI KETERANGAN – Walikota Banjarbaru, Nadjmi Adhani memberikan keterangan kepada Banjarbaruklik. Tampak mendampingi Ketua TP PKK Banjarbaru, Hj Ririn Nadjmi Adhani dan Kepala DP2KBP3A Banjarbaru, Hj Mahrina Noor.

Dia mengungkapkan, di Kota Banjarbaru ditargetkan pemasangan kepada 187  akseptor di Kota Banjarbaru, pada Senin (29/6) ini, dari pukul 08.00 WITA sampai dengan pukul 15.00 WITA.

“Semoga semua target yang dicanangkan di Banjarbaru tercapai hari ini. Selain itu kami juga membagikan alat kontrasepsi mulai dari Implan, kondom, IUD, MOW, PIl dan Suntik sebanyak 4.062 buah. Hal ini juga melebihi dari target,” terangnya.

Sementara itu Walikota Banjarbaru, Nadjmi Adhani mengungkapkan, peringatan Harganas ke- 27 tahun ini begitu sederhana. Jika dibanding tahun sebelumnya yang begitu meriah, karena Kota Banjarbaru menjadi tuan rumah Harganas tingkat Nasional.

“Tahun ini ditengah Pandemi kita melaksanakan Harganas dengan sederhana. Maknanya pesan membangun keluarga terencana itu tetap jalan, walaupun ditengah pandemi,” terangnya.

Diungkapkannya, ketika pandemi Covid-19 ini banyak masyarakat yang Work From Home (WFH). Pihaknya khawatir akan terjadi ledakan penduduk dan ledakan kehamilan.

“Tahun ini secara nasional ada target satu juta akseptor KB baru, Banjarbaru mendapatkan target 156 akseptor baru. Alhamdulillah berjalan bisa kita penuhi dan ini diupload datanya setelah dipasang implan. Semua by name by adress terkirim ke pusat. Kami yakin target satu juta akseptor baru hari bisa tercapai,” ungkapnya.

Dirinya juga berterima kasih kepada seluruh penyuluh KB di Kota Banjarbaru, yang terus bekerja meski ditengah pandemi Covid-19.(zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *