Ingin Terlihat Awet Muda, Konsumsi Buah dan Sayur Ini!

Waktu Baca : 4 menit

Banjarbaruklik – Seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan akan terus muncul. Semua orang khususnya wanita pasti senang jika terlihat awet muda. Apalagi jika ada yang memuji penampilan terlihat jauh lebih muda dari usia yang sebenarnya. Pasti akan merasa ada kebanggaan tersendiri.

Sudah sejak lama kita ketahui bersama buah dan sayur disebut sebagai makanan yang membuat seseorang bisa awet muda. Hal tersebut dikarenakan terdapat kandungan antioksidan yang bersifat menghidrasi dan menyembuhkan dalam buah dan sayuran.
Berikut beberapa buah dan sayuran yang dapat membuat awet muda :

1. Buah beri

Buah beri mengandung flavonoid. Flavonoid ini kaya akan antioksidan dan baik untuk kesehatan jantung. karena buah beri banyak mengandung antioksidan tersebut dapat melawan berbagai radikal bebas.

2. Delima

Delima merupakan buah yang memiliki kadar antioksidan yang sangat tinggi. Selain itu buah delima juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat mencegah kerutan akibat sinar matahari serta mengandung  asam ellagic dan punicalagin yang dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

3. Mentimun

Dengan meletakkan irisan mentimun pada kelopak mata dapat membantu mengurangi sembap. Ternyata menambahkan mentimun segar ke dalam makanan juga membantu menghasilkan kulit bersih, berkilau, dan mengurangi jerawat. Mentimun mengadung silika yang dapat meningkatkan produksi kolagen kulit, mengurangi kerut, dan menjadikan kulit elastis serta awet muda.

4. Paprika Merah

Paprika merah memiliki kandungan banyak zat warna alami yakni likopen. Likopen sangat berguna untuk meningkatkan kolagen alami pada tubuh kita. Selain itu likopen juga memberi perlindungan kerusakan kulit akibat terlalu sering terserang paparan cahaya matahari. Vitamin C dalam paprika merah memberi perlindungan yang tinggi sebagai bahan antioksidan. Bahan antioksidan ini akan beredar ke seluruh bagian tubuh yang dapat meningkatkan penyerapan protein pada jaringan tubuh termasuk juga kulit.

5. Alpukat

Buah alpukat memiliki vitamin dan mineral yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, salah satunya kesehatan kulit. Alpukat mengandung kalium yang dapat melindungi sel tubuh dari radikal bebas. Dengan terjaganya sel-sel tubuh maka kulit akan terlihat awet muda.

6. Semangka

Buah semangka juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang tentunya dapat membuat wajah kita terlihat berseri dan tidak kusam. Kandungan pada buah ini juga berfungsi sebagai pelindung alami dari efek paparan sinar matahari.

7. Tomat

Buah tomat sering kita jumpai sehari-hari, dimana tomat mengandung beta karoten, lutein, dan lycopene. Ketiga kandungan tersebut merupakan kandungan yang sudah terpercaya khasiatnya yang dapat membantu mengurangi kerusakan sel kulit. Rusaknya sel kulit dapat menimbulkan kerutan pada kulit, sehingga kandungan pada tomat bisa mencegah kerutan.

8. Lemon

Memeras sedikit sari lemon untuk kemudian ditambahkan pada air minum bisa mendetoks dan membersihkan liver. Liver yang bersih tentu berdampak pada kulit kita. Jangan lupa untuk minum cukup air putih saat kalian melakukan hal ini. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dan cairan tubuh berfungsi sempurna merupakan kunci tampil awet muda.

9. Nanas

Buah nanas merupakan buah yang mengandung mineral yang tinggi, mineral ini dapat meningkatkan produksi kolagen. Produksi kolagen ini baik untuk kesehatan kulit kita karena kolagen merupakan komponen utama yang dapat mencegah pengkriputan pada kulit.

10. Kale

Kale merupakan sayuran yang mempunyai rasa lezat serta dapat membuat kita senantiasa tampak lebih muda. Kale memiliki kandungan senyawa anti oksidan yang dapat membuat tubuh kita melawan radikal bebas serta mempertahankan kolagen.

Kale memiliki kandungan beberapa nutrisi lainnya yang dapat mencegah radikal bebas seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, mangan, kalium, magnesium serta tembaga. Kalium akan membantu tubuh memperoleh detak jantung yang normal sehingga peredaran darah serta oksigen berjalan dengan lancar.

11. Bayam

Sayur bayam yang berwarna hijau memiliki kandungan banyak zat klorofil ternyata sangat baik untuk memelihara kesehatan serta penampilan kulit kita loh. Bayam juga memiliki kandungan zat besi yang membantu produksi sel darah merah berjalan dengan baik.

Tubuh akan mempunyai cukup darah serta oksigen yang membantu perawatan kolagen alami dalam tubuh. Selain itu bayam juga kaya dengan fitonutrisi yang dapat menberikan perlindungan untuk kulit akibat terlalu sering terserang paparan sinar matahari.

12. Bit

Buah bit berwarna merah yang dapat memberi perlindungan penting untuk kulit kita. Pigmen warna pada buah bit yang banyak mengandung betasianin akan membantu tubuh melawan pembentukan kanker kulit. Selain itu kandungan bahan ini juga dapat mencegah kulit dari kerusakan akibat cahaya matahari.

Bit akan membantu kulit tampak lebih muda karena mempunyai sistem peredaran darah yang sehat karena jantung yang sehat juga. Maka bit akan jadi buah super untuk memelihara penampilan kulit kita.

Itulah informasi mengenai beberapa buah dan sayur yang dapat membantu kulit kita terlihat awet muda. Bagi kalian yang ingin merasakan manfaatnya bisa mengkonsumsi sesuai dengan selera kalian. Semoga bermanfaat dan informasi ini bisa menambah pengetahuan kalian. (adl/abi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *