Ketersediaan Hewan Kurban Melimpah -->

Ketersediaan Hewan Kurban Melimpah

July 30, 2020

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Rina Savita

Banjarbaruklik - Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Provinsi Kalimantan Selatan, memastikan ketersediaan hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha tahun ini lebih banyak dari tahun kemarin.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Rina Savita, Senin (30/7) mengatakan ketersediaan hewan kurban yang dibutuhkan di tahun ini dirasa dapat mencukupi dengan jumlah yang melebihi dari tahun sebelumnya.

"Ketersediaan ini InsyaAllah mencukupi karena tahun kemarin ada sekitar 10.000  tetapi yang dibutuhkan hanya 9000an lebih sekarang ketersediaan kita lebih dari tahun kemarin," ucapnya.

Dari seluruh Kabupaten dan Kota yang berada di Kalimantan Selatan untuk ketersediaan hewan kurban yakni sapi tahun ini melebihi jumlah stok dari tahun sebelumnya.

"Hasil rapat koordinasi dengan seluruh Kabupaten dan Kota yang ada di Kalimantan Selatan untuk ketersediaannya sapi ada 11.321 ekor, kambing 2.046 ekor, kerbau 385 dan domba 282 ekor," ucapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa dalam surat edaran nomor 0008/SE/PK.20/F/06/2020, berisi tentang tata cara pelaksanaan kegiatan kurban dalam situasi wabah bencana non alam corona virus disease (Covid-19).

"Jadi kita harapkan untuk panitia kurban dapat melaksanakan tata cara pelaksanaan kurban dengan menerapkan protokol Covid-19 diantaranya yakni mengatur jarak agar tidak terjadi kerumunan," harapnya. (adl/abi)