Pandemi Covid-19, Peziarah Makam Pahlawan Bumi Kencana Banjarbaru Sepi

Waktu Baca : 2 menit
SEPI PEZIARAH – Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana di Landasan Ulin Kota Banjarbaru, kondisinya sepi peziarah.

Banjarbaruklik – Selama pandemi Covid-19 di Kota Banjarbaru, Peziarah makam Pahlawan Bumi Kencana di Jalan A Yani KM 25, Landasan Ulin Kota Banjarbaru sepi.

Petugas Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana, Nurmaniah kepada Banjarbaruklik mengungkapkan, penurunan jumlah peziarah turun drastis hingga 85 persen. Dimana saat normal bisa ratusan orang berziarah, kini hanya belasan orang saja.

Read More

“Penziarah perorangan maupun rombongan sangat berkurang, penurunan sampai 85 persen,” ujarnya.

Ditambahkannya, semenjak kasus pertama Covid-19 pada Maret 2020 lalu, tidak lagi banyak pengunjung yang datang.

“Makam pahlawan ini tadinya ramai dikunjungi, baik perorangan maupun rombongan. Seperti rombongan anak anak sekolah, dan lain-lain. Tapi dari Maret hingga Juni ini, pengunjung bisa dihitung, tidak banyak,” tambahnya.

Diakuinya, jumlah peziarah ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana dalam satu bulan, kata Nurmaniah peziarah yang berkunjung jumlahnya ratusan.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, pihaknya juga menyiapkan tempat cuci tangan dan sabun bagi peziarah yang mau berkunjung ke makam.

“Semua pengunjung diwajibkan pakai masker. Saat iniyang datang berziarah itu paling satu, dua orang saja jadi tidak perlu diatur. Terus yang rombongan itu mereka semua pakai masker, bawa hand sanitizer sendiri dan masuknya bergantian. Semua pengunjung ini sudah paham dengan protokol Covid-19,” pungkasnya.(adl/zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *