Ragam Camilan yang Sehat dan Aman di Konsumsi Penderita Diabetes

Waktu Baca : 3 menit
CAMILAN – Memilih camilan sehat dan rendah kadar gula sangat penting untuk penderita diabetes

Banjarbaruklik – Menyantap camilan tentunya adalah hal yang menyenangkan tak terkecuali para penderita diabetes. Ada beberapa camilan yang sehat dan aman yang baik dikonsumsi agar kadar gula darah tetap stabil. Berikut adalah camilan sehat dan aman bagi anda yang ingin menjaga kadar gula darah.

1. Alpukat

Read More

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan dan bagus untuk kontrol gula darah. Buah berbentuk kendi ini dapat dijadikan camilan untuk penderita diabetes, alpukat dapat dikonsumsi langsung atau di lumat halus. Kandungan serat dari buah ini pun cukup tinggi. Rata-rata dalam 1 buah alpukat setidaknya terkandung sekitar 13 gram serat atau setara dengan 50% kebutuhan serat harian untuk wanita dan 34% untuk pria.

2. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang seperti kacang tanah, walnut, atau almond dapat dijadikan camilan khusus bagi penderita diabetes. Jenis kacang-kacangan tersebut mampu memberikan sumber mineral, vitamin, dan tentu saja lemak sehat yang menjadi sumber energi. Namun perlu untuk diingat, kacang masih memiliki kandungan karbohidrat yang mana perlu dibatasi pengonsumsiannya meski dalam kadar yang rendah. Dalam satu hari maksimal hanya boleh mengonsumsi kacang satu genggaman tangan saja.

3. Popcorn

Popcorn nyatanya dapat menjadi teman camilan Anda. Bahan dasar yang berasal dari jagung yang kaya serat, rendah kalori dan bergizi akan menjadi makanan yang menyehatkan. Tentu saja dengan cara memasak tanpa menggunakan mentega. Popcorn yang dimasak menggunakan minyak zaitun atau kanola tanpa perasa buatan jauh lebih sehat dan enak dibandingkan popcorn microwave. Caranya pun cukup mudah, masukkan satu sendok makan minyak zaitun atau minyak kanola ke dalam wajan atau panci, tunggu sebentar hingga panas sampai popcorn sudah siap untuk dihidangkan.

4. Telur rebus

Telur rebus mengandung biotin dan asam lemak omega-3 yang mampu meredam peradangan serta mencegah komplikasi dari penyakit diabetes. Kandungan protein dari telur rebus juga sangat tinggi dan bermanfaat dalam memperlambat penyerapan glukosa sekaligus dapat membuat perut terasa lebih kenyang dalam waktu lama.

5. Yoghurt

Yogurt merupakan olahan susu yang baik dikonsumsi untuk Anda yang menderita diabetes. Minuman ini dapat memberikan banyak suplai protein dan juga probiotik yang dibutuhkan untuk pencernaan.(why/asa)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *