Angkasa Pura I Jajaki Kerjasama Inisiasi Koridor Sehat dengan IIAC

Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – PT Angkasa Pura I (Persero) menggandeng Incheon International Airport Corporation (IIAC) yang berbasis di Korea Selatan untuk kerja sama terkait penerapan pedoman Inisiasi Koridor Sehat atau Safe Corridor Innitiative (SCI) di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

“Kami merasa sangat terhormat untuk bekerja sama dengan Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan, sebagai salah satu bandara berkelas dunia yang menjadi acuan best practice dalam memastikan dan mengukur penerapan protokol kesehatan di masa pandemi ini, di mana Bandara Incheon merupakan bandara pertama di dunia yang mendapatkan Akreditasi Kesehatan Bandara dari Airport Council International,”ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Read More

Adapun melalui kerja sama ini upaya agar dapat meyakinkan dan meningkatkan kepercayaan diri masyarakat, baik dari dalam dan luar negeri, untuk kembali melakukan perjalanan udara dengan rasa aman dan nyaman di masa adaptasi kebiasaan baru ini, sehingga nantinya diharapkan dapat kembali meningkatkan pariwisata dan roda perekonomian di Indonesia.

“Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali merupakan salah satu bandara terbesar di Indonesia dan paling banyak dikunjungi oleh turis Korea dioperasikan mitra utama kami Angkasa Pura I. Bandara Bali dipilih sebagai bandara pertama untuk implementasi program SCI,”ucap President & CEO IIAC Bon-Hwan Koo.

Ia berharap kerja sama ini dapat berkontribusi terhadap pemulihan trafik penumpang dan memperkuat kemitraan antara Angkasa Pura I dan IIAC.

Bali dipilih karena dianggap merepresentasikan destinasi utama pariwisata dunia dengan ekosistem pariwisatanya sudah terbentuk dengan mapan. Sejak Mei 2020 trafik penumpang pesawat mengalami titik terendahnya akibat kebijakan pembatasan sosial berskala besar.

Trafik penumpang terus mengalami peningkatan pada Mei 2020 trafik penumpang Bandara Bali hanya mencapai 8.829 orang. Kemudian pada Juni 2020, trafik penumpang Bandara Bali meningkat tipis menjadi 19.816 orang.

Seiring dengan relaksasi aturan perjalanan udara, peningkatan terjadi pada Juli 2020, dengan trafik penumpang mencapai 77.472 orang dan pada Agustus 2020 mencapai 172.721 orang.

Pada kerja sama ini Angkasa Pura I dan IIAC sepakat untuk menjadikan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sebagai proyek percontohan penerapan Pedoman SCI (SCI Guidelines) di mana IIAC akan menilai kapabilitas pengendalian dan pencegahan penyakit menular di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berdasarkan Pedoman SCI tersebut.

Jika Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dinilai telah sesuai dengan Pedoman SCI atau Daftar Periksa SCI, maka kemudian IIAC akan menerbitkan Sertifikasi SCI untuk Bandara Bali dan memberikan persetujuan kepada Bandara Bali untuk menjadi anggota SCI.

Adapun Pedoman SCI ini mencakup lima komponen utama yaitu manajemen inventaris, SDM terlatih, komunikasi kesehatan, pencegahan epidemi, protokol dan prosedur yang diturunkan ke dalam tiga kompetensi utama yaitu kompetensi umum, kompetensi terkait keberangkatan, dan kompetensi terkait kedatangan. (Adl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *