Bawaslu Fokus Tangani 2 Isu Politik pada Pilkada Banjarbaru Tahun 2020

Waktu Baca : 2 menit
Ketua Bawaslu Kota Banjarbaru, Dahtiar.

Banjarbaruklik – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Banjarbaru akan fokus menangani dua isu pada Pilkada 2020 Banjarbaru yakni politik uang dan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Untuk saat ini seperti yang pernah saya sampaikan di Banjarbaru kita fokus menangani 2 isu, yang pertama adalah politik uang dan yang kedua adalah netralitas ASN, TNI dan Polri,”ujar Ketua Bawaslu Kota Banjarbaru, Dahtiar.

Read More

Dahtiar mengungkapkan apabila didapati ketidaknetralan dari ASN, TNI dan Polri maka itu termasuk dalam pelanggaran peraturan perundang-undangan dan dapat diproses Bawaslu Kota Banjarbaru.

“Terkait dengan ASN, TNI dan Polri tentu saja ada mekanisme penanganan pelanggaran yang harus kami jalankan jika dikemudian hari diketahui ada oknum yang tidak menjalankan kode etik ataupun profesionalitas dalam pelayanan atau misalnya berpihak pada salah satu paslon,”jelasnya.

Bawaslu sendiri diawasi oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) sehingga tidak ada negosiasi terhadap pelaku praktek politik uang maupun abdi negara yang menyalahi aturan.

“Bawaslu maupun KPU itu nanti diawasi oleh DKPP, jadi kalau misalnya dikemudian hari ada ditemukan ASN tidak netral, maka bisa dilaporkan kepada DKPP,”pungkasnya. (adl/abi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *