PLN Bantu UMKM Anak Berkebutuhan Khusus Berkembang

Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – Kepedulian PT. PLN (Persero) terhadap pelaku UMKM patut diacungi jempol. Kali ini, PLN menunjukan kepedulian terhadap kelompok anak-anak yang berkebutuhan khusus yang terhimpun dalam Teras Ecoprint.

Teras Ecoprint merupakan kelompok yang dibentuk oleh Faizah Abdiah, seorang guru SLB. Awalnya, hanya sebagai sebuah kelompok anak-anak yang berkebutuhan khusus (ABK). Namun Faizah termotivasi membina anak-anak difabel dengan menyesuaikan kreativitasnya.

Read More

“Awalnya melihat aktifitas motorik anak-anak yang sangat aktif memukul-mukul suatu benda, sampai-sampai ada tangannya yang memar. Sehingga akhirnya kami mencoba mengalihkan objek pukulan anak-anak tersebut ke daun yang ditata menjadi lembaran ecoprint,” ujarnya.

Saat ini Teras Ecoprint belum mempunyai perencanaan bisnis dan orientasi pasar. Produk yang dihasilkan berupa lembaran kain bermotif ecoprint. Belum ada yang berupa fashion produk akhir atau siap pakai untuk konsumen. Sebagian produk berupa goodie bag dan hijab konvensional.

Angin segar pun datang dari PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran (UIKL) Kalimantan. PLN membantu pengembangan usaha kerajinan Ecoprint dengan pola hulu-hilir. Sehingga rancangan produk yang dihasilkan dimulai dari desain produk akhir akan memberi manfaat kepada konsumen. Alhasil, produk yang diproses sudah berorientasi konsumen atau sudah merencanakan segmentasi pasar.

“Alhamdulillah, kegiatan saya bersama anak-anak mendapatkan perhatian dri PLN. Bantuan PLN sangat besar manfaatnya, karena selama ini kegiatan yang kami lakukan hanya dengan dana mandiri,” ujarnya.

Program ini juga akan dibalut dengan pembinaan unit bisnis yang terintegrasi dari bahan, proses sampai pasar. Sehingga diperlukan bentuk kolaborasi yang terarah dalam menjalankan bisnis produk ecoprint.

Ada unit yang fokus mengolah bahan material bermotif ecoprint, kemudian ada unit yang memproses bahan material ecoprint menjadi end product yang siap pakai buat konsumen dan yang terakhir adalah unit yang menangani penjualan dan consumer relationship baik online maupun offline.

Adapun bantuan yang disalurkan berupa fasilitasi pembinaan dan pendampingan meliputi pelatihan dan pemberian sarana pendukung untuk peningkatan produk seperti mesin jahit, mesin border, alat pukul, kain dan lainnya.

Plt Senior Manager SDM dan Umum PLN UIKL Kalimantan Sujana mengatakan, bahwa program CSR (Corporate Social Responsibility) ini lebih menekankan kepedulian PT. PLN akan pemberdayaan kaum disabilitas melalui memberi peluang berpenghasilan, serta pemberdayaan perempuan ke arah industri ekonomi kreatif.

“Kedepan PLN melalui Program Peduli akan terus berkomitmen membangun CSR dengan fokus Sustainable Development Goals (SDGs) dimana harapannya setiap program CSR bisa menyasar terhadap 17 Program SDGs meliputi pengentasan kemiskinan, pangan, kesehatan, pendidikan, kesetaraan gender, ketersediaan air, ketersediaan energi, peningkatan perekonomian masyarakat, infrastruktur, iklim, pemukiman, ekosistem kelautan, dan juga keberlanjutan untuk mendukung pembangunan,” ujar Sujana.

Selain kaum disabilitas, PLN juga memberikan bantuan kepada kelompok usaha kerajinan fashion. Kelompok ini adalah komunitas ibu-ibu yang tertarik dengan dunia fashion karena latar belakang yang menyukai kegiatan menjahit. (abi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *