4 Aspek Penilaian Satu Wasaka Award 2020 -->

4 Aspek Penilaian Satu Wasaka Award 2020

Oktober 16, 2020

Tim Penilai Satu Wasaka M Amril Syarif.


Banjarbaruklik - Ada 4 aspek dalam pelaksanaan penilaian Sanitasi dan Air Minum Tuntas Waja Sampai Kaputing (Satu Wasaka) Award Tahun 2020 Kota Banjarbaru di TPA Gunung Kupang, Jumat (16/10).


"Saya mewakili dari panitia tim juri. Saya yang melaksanakan dan memfasilitasi juri Satu Wasaka Award 2020," ujar Tim Penilai Satu Wasaka M Amril Syarif.


Ia menyampaikan bahwa aspek-aspek yang dinilai tadi ada 4 aspek yakni air minum, sampah, drainase, dan air limbah.


Pihaknya menekankan penilaian terkait keberlanjutannya jadi tidak hanya pelaksaan pembangunan dan cara pengelolaannya seperti penilaian ditahun lalu.


Kalau tahun kemarin pihaknya menilai ketersediaannya saja, artinya fasilitas-fasilitas yang mendukung terkait dengan bagaimana penyelenggaraan air minum dan sanitasi saja





"Untuk tahun ini kita melaksanakan lebih keberlanjutannya, artinya jangan kita bangun tapi tidak dipelihara tidak dikelola dengan baik, hal demikian dianggap mubazir. Kita  berusaha untuk meningkatkan kesehatan  masyarakat,"tegasnya.


Ia mengungkapkan bahwa penilaian sudah dilakukan pada 4 daerah yakni Tabalong, Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan, dan Kota Banjarbaru.


Dimana pengumuman hasil penilaian dijadwalkan pada bulan Desember dikarenakan masih ada beberapa daerah di Kalimantan Selatan yang belum dilakukan penilaian.


"Minggu depan kita ke Kotabaru, Tanah Bumbu, Tanah Laut. Kemudian minggu depannya lagi ke Hulu Sungai Tengah, Tapin, dan Hulu Sungai Selatan,"pungkasnya. (Adl)