Pemkot Banjarbaru Sosialisasikan Gerakan Indonesia Membaca -->

Pemkot Banjarbaru Sosialisasikan Gerakan Indonesia Membaca

Oktober 14, 2020




Banjarbaruklik - Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru melaksanakan kegiatan sosialisasi Gerakan Indonesia Membaca (GIM), di Room Meeting Berlian Hotel Grand Dafam Q Mall Banjarbaru, Rabu (14/10).


Kasi Dikmas Kota Banjarbaru Hj Nurhilaliah SP menyampaikan bahwa dasar dari pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan GIM tahun 2020 adalah peraturan Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Tertuang dalam peraturan Nomor 1224/C6/HK/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Bantuan Pemerintah penyelenggaraan  Gerakan Indonesia Membaca tahun 2020.


Dimana tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat untuk mendukung gerakan literasi masyarakat yang meliputi 6 literasi dasar yakni iterasi baca tulis, numeric, sains,  finasial, digital, budaya dan kewargaan.


"Mendorong partisipasi masyarakat untuk berperan dalam meningkatkan jumlah melek huruf. Tersosialisasinya Gerakan Literasi Masyarakat (GLM) dan memfasilitasi penyusunan rencana induk pengembangan literasi masyarakat tahun 2020-2024,"tambahnya.


Adapun sasaran pelaksanaan GIM adalah masyarakat terutama remaja dan orang dewasa, para penggiat literasi, organisasi profesi atau lembaga sosial, kemasyarakatan serta dunia usaha dan industri terkait. (Adl)