Stimulus Diperpanjang Hingga Maret 2021, Token Listrik Gratis Bisa Diklaim Hari ini

Waktu Baca : 3 menit

Read More

Banjarbaruklik – Menindaklanjuti keputusan Pemerintah untuk memperpanjang waktu pemberian bantuan keringanan biaya listrik kepada pelanggan PLN kategori rumah tangga daya 450 VA dan 900VA bersubsidi, serta kategori bisnis dan industri daya 450 VA hingga bulan Maret 2021, PLN mengatakan siap untuk melanjutkan dan menyukseskan penyaluran stimulus tersebut. Seluruh pelanggan yang berhak mendapatkan pembebasan tagihan maupun diskon sudah dimasukkan dalam sistem sejak pemberian stimulus Covid-19 sebelumnya.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UIW Kalselteng) mengatakan perpanjangan program subsidi tagihan listrik ini merupakan upaya pemerintah untuk meringankan beban kelompok masyarakat tidak mampu dan rentan dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih belum dapat dikendalikan.

“Adanya kebijakan dari Pemerintah ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak akibat pandemi global Covid-19 yang menyebabkan lesunya perekonomian, terlebih mengingat situasi Covid-19 yang sampai saat ini masih belum usai,” ungkap Sudirman, Kamis (7/1).

Sudirman mengatakan stimulus covid untuk Pelanggan Prabayar golongan tarif rumah tangga daya 450 VA serta kategori bisnis dan industri daya 450 VA, token listrik gratis sudah dapat diakses mulai 7 Januari 2021 melalui Website PLN, Layanan WhatsApp PLN dan Aplikasi New PLN Mobile. Sedangkan bagi pelanggan prabayar rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diskon 50% diberikan ketika melakukan transaksi pembelian token.

“Perbedaannya ada pada batas maksimal pemakaian listrik Pelanggan, yakni 720 jam nyala atau setara 324 kWh pada Pelanggan 450 VA, dan 648 kWh pada Pelanggan 900 VA. Itu artinya jika pemakaian listrik Pelanggan lebih dari itu maka lebih pemakaian tersebut tetap harus dibayarkan oleh Pelanggan,” jelas Sudirman.

Khusus untuk Pelanggan Prabayar daya 450 VA dan 900 VA tarif rumah tangga tidak ada perbedaan dari tahun sebelumnya, yakni pelanggan daya 450 VA mendapatkan token gratis 100% sedangkan pelanggan daya 900 VA bersubsidi mendapatkan token gratis 50% berdasarkan pemakaian listrik rata-rata tertinggi 3 bulan terakhir.

Sudirman mengatakan stimulus covid untuk Pelanggan Prabayar golongan tarif rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi, serta kategori bisnis dan industri daya 450 VA, token listrik gratis sudah dapat diakses mulai 7 Januari 2021 melalui Website PLN, Layanan WhatsApp PLN dan Aplikasi New PLN Mobile.

“Mulai hari ini Pelanggan Prabayar yang berhak mendapatkan stimulus token listrik gratis sudah dapat diklaim melalui Website PLN, Layanan WhatsApp PLN dan Aplikasi New PLN Mobile,” kata Sudirman.

Token listrik stimulus Covid-19 bisa didapatkan melalui website, dengan cara:

1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon).

2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter.

3. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.

4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

PLN juga menggunakan layanan WhatsApp untuk mempermudah pelanggan mendapatkan token listrik dengan cara:

1. Buka Aplikasi WhatsApp.

2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.

3. Token gratis akan muncul.

4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Selain melalui situs web PLN dan layanan WhatsApp token stimulus juga bisa didapatkan melalui aplikasi PLN Mobile dengan cara:

1. Buka Aplikasi PLN Mobile.

2. Klik “PLN Peduli Covid-19” pada bagian Info & Promo.

3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter.

4. Token gratis akan muncul.

5. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Sebagai tambahan informasi, berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial total Pelanggan PLN di Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah yang menerima stimulus keringanan tagihan rekening listrik ada sebanyak 685.939 Pelanggan.(abi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *